Connect with us

Olahraga

Sirkuit Suzuka Bakal Jadi Tuan Rumah GP F1 Jepang Hingga 2024

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pihak Formula One (F1) baru saja mengumumkan sebuah kabar baik, di mana Sirkuit Suzuka dipastikan bakal terus menjadi tuan rumah Grand Prix (GP) Jepang hingga musim 2024. Perpanjangan kontrak berdurasi tiga tahun itu terjadi usai pihak Formula 1 dan promotor balapan Mobilityland menemui kata sepakat.

Perpanjangan kerja sama yang disepakati itu merupakan hasil dari hubungan yang baik antara pihak Formula 1 dan Mobilityland. Langkah kerja sama itu juga merupakan bagian dari komitmen strategis dan jangka panjang untuk mengembangkan olahraga di Asia.

Jepang memiliki basis penggemar yang memiliki antusias yang amat besar di dunia balap, dan dengan bakat muda yang menarik Yuki Tsunoda pun berhasil menjadi pembalap Jepang pertama di grid F1 sejak 2014.

Tentunya dengan perpanjangan kontrak dengan durasai tiga tahun itu, Formula 1 akan terus bekerja sama dengan promotor untuk lebih meningkatkan popularitas olahraga di Negeri Sakura tersebut. CEO F1, Stefano Domenicali pun senang karena balapan F1 tetap bisa digelar di Sirkuit Suzuka.

“Saya sangat senang Formula 1 akan terus balapan di Sirkuit Suzuka selama tiga tahun lagi. Jepang memiliki tempat khusus di hati dan pikiran para penggemar F1 di seluruh dunia, dan Suzuka telah menjadi tuan rumah bagi banyak momen paling legendaris dari olahraga tersebut, dengan 11 gelar Pembalap ditentukan di trek itu,” jelas Domenicali, mengutip dari laman resmi F1, Sabtu (24/4/2021).

“Grand Prix Jepang selalu menampilkan drama yang mencekam dan menarik, dan saya senang kami dapat terus menghadirkan aksi dan kegembiraan Formula 1 kepada para penggemar olahraga balap, khususnya kepada orang-orang Jepang yang bersemangat,” lanjut Domenicali.

“Perpanjangan ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang kami untuk mengembangkan olahraga ini di Asia, dan kami senang dapat melanjutkan hubungan yang sukses dengan Mobilityland.

“Saya secara pribadi ingin berterima kasih kepada Tuan Kaoru Tanaka (Presiden Perwakilan Direktur Mobilityland) dan timnya atas upaya berkelanjutan mereka dalam mencapai kesepakatan ini, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan promotor untuk meningkatkan popularitas dan basis penggemar Formula 1 di sana (Jepang),” tambah Domenicali.

Pada F1 2021 ini, GP Jepang baru akan berlangsung di seri ke-17, yang mana berlangsung pada 10 Oktober 2021 mendatang. Kini dapat dipastikan F1 GP Jepang 2021 tak lagi menjadi balapan terakhir di Sirkuit Suzuka karena kontrak telah diperpanjang.

Sirkuit Suzuka sendiri terletak 50 kilometer barat daya dari Nagoya, kota terbesar ketiga di Jepang. Nagoya adalah tempat favorit bagi pembalap dan penggemar, dan telah menjadi tempat untuk beberapa momen paling spektakuler dalam sejarah Formula 1.

Sirkuit yang identik dengan bentuk lintasan angka delapan itu rutin muncul di kalender Kejuaraan Dunia Formula 1 sejak pertama kali menyelenggarakan Grand Prix pada tahun 1987. Setidaknya ada 11 Kejuaraan Pembalap F1 ditetapkan saat balapan sirkuit tersebut.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

KONI Sulsel Berambisi Bidik Semua Emas di PON Papua

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Olahraga

Pelatih Persita Tangerang Bakal Evaluasi Timnya setelah Kalah dari Bali United

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Olahraga

Persija Toreh Kemenangan Perdana Lawan Persela

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...