Sambut Dubes RI Baru, Ini Harapan Besar Presiden Panama Ke Indonesia

  • Bagikan
Sambut Dubes RI Baru, Ini Harapan Besar Presiden Panama Ke Indonesia
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Panama Laurentino Cortizo Cohen secara resmi dan terbuka menerima Duta Besar (Dubes) RI untuk Panama Sukmo Harsono di Istana Presiden Palacio de Las Garzas, Panama City pada, Kamis (15/4/2021).

Dalam penyerahan surat kepercayaan Dubes RI ke Presiden Panama berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.dalam sambutannya, Presiden Laurentino Cortizo Cohen memastikan Pemerintahannya akan bekerjasama dengan Indonesia, tidak saja secara bilateral namun juga pada forum- forum internasional.

Dalam kesempatan itu juga, Presiden Cortizo berharap agar Indonesia dapat menjadikan Panama sebagai gerbang ekonomi di kawasan Amerika Latin dan Karibia.

Menanggapi Presiden Cortizo, Dubes RI Sukmo Harsono menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Laurentino Cortizo Cohen dan rakyat Panama. Dubes Sukmo menyambut baik harapan Presiden Panama dan akan mengusulkan kepada Menteri Perdagangan RI, untuk membuka warehouse di Colon Free Trade Zone sebagai ruang promosi produk Indonesia.

Selain itu, Dubes Sukmo juga menyampaikan harapan agar Pemerintah Panama dapat mengeluarkan Indonesia dari daftar “restricted country” Panama dalam pemberian visa untuk dapat meningkatkan people-to-people contact.

Diketahui, hubungan diplomatik Indonesia dan Panama berlangsung sejak tahun 1979 dengan ditandatanganinya MoU oleh kedua negara di New York, yang ditindaklanjuti dengan pembukaan Kedutaan Besar Panama di Jakarta, pada tahun 1999 dan pembukaan Kedutaan Besar Indonesia di Panama City pada tahun 2010. Sebelumnya Panama dirangkap oleh KBRI Mexico City.

Kunjungan tingkat tinggi pertama kalinya tercatat pada tahun 2018 dimana Wakil Presiden Panama, Isabel de Saint Malo de Alvarado berkunjung ke Indonesia pada 25-30 Oktober 2018, dan melakukan pertemuan dengan Wapres RI, Menlu RI, Mendag RI, Ketua DPR RI, serta Sekjen ASEAN. [prs]

  • Bagikan