Rossi Dianggap Masih Punya Kans Raih Podium di MotoGP 2021

  • Bagikan
Rossi Dianggap Masih Punya Kans Raih Podium di MotoGP 2021
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Valentino Rossi melewati tiga seri pertama MotoGP 2021 dengan hasil buruk. Imbasnya, The Doctor tercecer di posisi 19 dan tertinggal 57 poin dari pemimpin klasemen sementara. Meski demikian, pembalap Petronas Yamaha SRT itu dianggap masih punya kans meraih kemenangan.

Analisa itu disampaikan rekan setimnya, Franco Morbidelli. Dia menilai Rossi punya potensi untuk merebut podium pertama di MotoGP 2021. Walau sudah termakan usia, dia menyebut VR46 punya kesempatan untuk memenangkan setidaknya satu balapan pada musim ini.

Morbidelli tidak mengatakan Rossi punya kans menjadi juara dunia MotoGP yang terakhir kali diraihnya pada 2009. Tapi, dia meyakini veteran berusia 42 tahun itu dapat menguasai salah satu dari 26 seri tersisa.

“Jika Vale (sebutan Valentino Rossi) bisa melakukan apa yang dia tahu harus dilakukan saat balapan, saya yakin dia akan mampu berjuang untuk menang (di salah satu seri),” ucap Morbidelli, mengutip dari Crash.

Wajar jika Morbidelli berpendapat seperti ini. Dia dan Rossi berstatus sebagai mentor dan murid. Sekarang keduanya menjadi rekanan satu tim di tim satelit Yamaha pada musim ini. Karena Morbidelli tentu menyimpan kekaguman terhadap Rossi.

Sayangnya, dalam beberapa musim terakhir, prestasi Rossi di MotoGP mengalami kemunduran. Nyatanya, terakhir kali dia jadi yang tercepat pada 2017 saat GP Belanda. Dia tidak pernah lagi berdiri di podium pertama selama 61 seri.

Kondisinya yang sudah uzur membuatnya harus bekerja keras. Sebab, munculnya para pembalap muda menjadikan persaingan di kelas MotoGP semakin sengit. Terbukti, Rossi berulang kali dikalahkan yuniornya.

Terbaru, sang adik tiri, yakni Luca Marini telah tampil di MotoGP, terhitung tahun ini. Bahkan dalam beberapa kesempatan, keduanya saling bersaing di lintasan secara langsung. Ironisnya, Rossi tidak bisa mencatat prestasi lebih baik.

Rossi mengalami kesulitan besar pada musim ini. Dari tiga seri balapan yang telah dijalani, VR46 hanya berhasil mengoleksi empat poin. Raihan angka tersebut didapatnya di GP Qatar 2021 saat finis di urutan ke-12.[prs]

  • Bagikan