RI dan Rumania Sepakat Saling Dukung di Forum Internasional

  • Bagikan
RI dan Rumania Sepakat Saling Dukung di Forum Internasional
Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Indonesia dan Rumania menggelar Diskusi Tingkat Tinggi (High Level Talk), di mana kedua negara menyepakati peningkatan kerja sama termasuk di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pemberantasan terorisme, penanggulangan COVID-19, dan saling dukung di forum internasional.

Menurut keterangan tertulisnya, Jumat (2/4/2021), acara High Level Talk antara Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Rumania berlangsung secara virtual pada Kamis (1/4), di mana delegasi RI dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu RI, Ngurah Swajaya.

“Kita identifikasi sektor-sektor prioritas kerja sama seperti industri, teknologi digital, komunikasi, transportasi, termasuk kerja sama sektor pelabuhan,” kata Wamenlu Mahendra terkait peluang kerja sama yang dieksplorasi dalam pembicaraan yang juga mendiskusikan langkah mengatasi tantangan yang disebabkan oleh COVID-19.

Wamenlu Mahendra Siregar menilai adanya hambatan dagang dari Uni Eropa terhadap produk minyak sawit dan meminta dukungan Rumania untuk mengatasi hambatan tersebut, karena Rumania merupakan salah satu anggota Uni Eropa.

Dia mengatakan bahwa minyak kelapa sawit Indonesia telah memenuhi standar yang ditetapkan. Hambatan ini juga berdampak pada produk minyak kelapa, yang merupakan salah satu produk utama Indonesia dan sejumlah negara ASEAN lainnya.

Dalam upaya peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan, kedua pihak mendorong kontak langsung antara pelaku bisnis kedua negara. Pertemuan Working Group on Trade, Industry and Investment (WGTII) antara Indonesia dan Rumania pada Oktober 2021 diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kerja sama kedua negara.

Sementara itu, pihak Indonesia mengundang Rumania untuk ikut serta pada pertemuan bisnis secara hibrida antara Indonesia dengan negara-negara Eropa Tengah dan Timur yang akan diselenggarakan pada pertengahan 2021.

Adapun Menteri Luar Negeri Rumania, Cornel Feruta, yang memimpin delegasi Rumania, menyampaikan ucapan simpatinya kepada Indonesia atas aksi terror yang terjadi di Makassar beberapa waktu lalu, dan menyatakan dukungannya terhadap Indonesia dalam menanggulangi terorisme.

Ferute juga menyoroti peluang kerja sama kedua negara yang besar, termasuk di bidang perdagangan. Dia menyebut Rumania dapat menjadi pintu masuk produk Indonesia ke Uni Eropa, dan Indonesia dapat menjadi pintu masuk produk Rumania ke kawasan.

Indonesia dan Rumania telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1950.

Di tengah pandemi COVID-19, pada 2020 nilai perdagangan Indonesia dengan Rumania mencapai 153,4 juta dolar AS (Rp2,3 triliun), menunjukkan peningkatan sebesar 0,8 persen dari tahun 2019 sebesar 152,2 juta dolar AS (Rp2,3 triliun) . Neraca perdagangan kedua negara 2020 menunjukkan surplus bagi Indonesia sebesar 64,5 juta dolar AS (Rp1,01 triliun). Ekspor Indonesia ke Rumania sebesar 108,9 juta dolar AS (Rp1,6 triliun) yang keseluruhannya adalah ekspor nonmigas.

Di sektor pariwisata, Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata warga Rumania, di mana pada 2019, wisatawan Rumania yang berkunjung ke Indonesia mencapai 18.650 orang, meningkat sebesar 32,3 persen dari tahun 2018 sebanyak 14.092 orang.

Usai terdampak pandemi COVID-19 pada 2020, pada pertengahan 2021 Indonesia sedang mempertimbangkan pembukaan kembali Bali sebagai tujuan wisatawan asing dengan menerapkan protokol kesehatan dan diharapkan warga Rumania dapat kembali berwisata ke Indonesia.

Selain upaya-upaya peningkatan kerja sama bilateral, dalam pertemuan dibicarakan juga isu-isu regional dan global, seperti kerja sama Indonesia-Uni Eropa dan ASEAN-Uni Eropa.

Kedua pihak juga menyinggung situasi yang terjadi di Myanmar dan mendorong terselenggaranya dialog antarpihak untuk terciptanya perdamaian dan stabilitas di Myanmar. (rtr/ant/ndi)

  • Bagikan