Pimpinan Negara 3 Negara Tak Hadiri KTT ASEAN di Jakarta

  • Bagikan
Pimpinan Negara 3 Negara Tak Hadiri KTT ASEAN di Jakarta
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – KTT ASEAN atau ASEAN Leaders Meeting (ALM) akan digelar di Jakarta mulai esok hari. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir namun ada 3 kepala negara yang absen.

Menlu Retno Marsudi mengatakan Presiden Jokowi telah menerima undangan dari Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah, selaku Ketua ASEAN. KTT ASEAN dimulai besok siang.

“ALM ini merupakan inisiatif Indonesia dan merupakan tindak lanjut pembicaraan Presiden RI dengan Sultan Brunei Darussalam,” kata Retno dalam jumpa pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (23/4/2021).

“Per saat ini, 3 pemimpin menyatakan tidak dapat hadir yaitu Thailand, Laos, dan Filipina,” sambungnya.

Mengapa mereka tidak hadir? PM Thailand, Prayut Chan-o-cha, sudah berbincang dengan Jokowi kemarin. Selain membahas persiapan KTT ASEAN, PM Thailand juga menjelaskan alasannya absen di KTT ASEAN.

“PM Thailand menyampaikan permintaan maaf tidak dapat hadir karena situasi COVID di dalam negeri Thailand,” ungkap Retno.

Retno sendiri terlah bertemu dengan Menlu Brunei Darussalam dan Malaysia kemarin. Dia juga menjadi tuan rumah working dinner dengan semua Menlu negara ASEAN. KTT ASEAN ini merupakan pertemuan tatap muka pertama para pemimpin ASEAN selama pandemi Corona.

“Kita tentunya berharap agar ALM besok akan mencapai kesepakatan mengenai langkah-langkah yang baik bagi rakyat Myanmar,” katanya.

“Komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fisik merupakan refleksi kekhawatiran ASEAN terhadap situasi yang terjadi di Myanmar dan tekad ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari krisis ini,” tutup Retno.[prs]

  • Bagikan