Pimpinan Komisi IX Usul 127 WN India yang Masuk Indonesia Isolasi di Pulau

melki

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengusulkan agar pemerintah melakukan isolasi di sebuah pulau tertentu terhadap 127 Warga Negara India yang masuk ke Indonesia. Hal tersebut penting dilakukan sebagai upaya pencegahan, mengingat di India sendiri tengah mengalami lonjakan kasus mutasi Covid-19.

“Kami mendorong agar penanganan 127 WN India ini dilakukan juga dengan memakai pola yang sama seperti di awal Covid-19. Mereka diisolasi di pulau tertentu,” kata Melki melalui keterangannya, Jumat (23/4/2021).

Melki mengingatkan bagaimana pemerintah pada awal-awal Covid-19 masuk ke Indonesia, justru sangat ketat untuk menanggapi masuknya orang dari luar negeri. Kala itu, pemerintah melakukan isolasi terhadap 188 WNI ABK Kapal Pesiar World Dream di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, pada Februari 2020.

“Misalnya di Pulau Seribu yang terdekat yang seperti ketika kemarin dengan WN Indonesia yang ada dalam kapal pesiar kemudian diisolasi di salah satu pulau tertentu,” tutur politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Melki menilai, isolasi di sebuah pulau lebih baik daripada diisolasi di hotel atau wisma. Sebab, pulau yang merupakan ruang terbuka dinilai lebih aman daripada berada di ruang tertutup. “Risiko penularan besar apabila di hotel atau wisma,” tegasnya.

Ia meminta stakeholder terkait seperti Kemenlu, Ditjen Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes memberi perhatian serius untuk menanganinya. “Kerja sama Kemenlu, Ditjen imigrasi dan KKP Kemenkes penting untuk mengantisipasi dampak dari kehadiran 127 WN India yang masuk Indonesia,” tegasnya.[prs]