Connect with us

Olahraga

Persija Kalahkan Persib 2-0 di Leg Pertama Final Piala Menpora 2021

Diterbitkan

Pada

Persija Kalahkan Persib 2-0 di Leg Pertama Final Piala Menpora 2021

Realitarakyat.com – Klub Ibu Kota Persija Jakarta berhasil meraih hasil positif pada leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Manguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). Macan Kemayoran berhasil mengalahkan rival abadinya Persib Bandung 2-0.

Persija melakukan rotasi pemain dengan menurunkan dua pemain muda, Braif Fatari dan Taufik Hidayat sejak menit awal. Keduanya menggantikan peran Ramdani Lestaluhu dan Marko Simic yang harus rela menunggu di bangku cadangan.

Sementara Persib menurunkan skuad terbaiknya termasuk mengandalkan duet striker Wander Luiz dan Ezra Walian.

Namun, keputusan pelatih Persija justru berbuah manis. Dua pemain muda mereka, Braif Fatari dan Taufik Hidayat jadi pembeda di babak pertama.

Penyerang muda mereka, Braif Fatari berhasil mencetak gol di menit pertama. Bermula dari tembakan keras Riko Simanjuntak dari sisi kanan yang membentur Taufik Hidayat di kotak penalti. Bola bergulir ke arah Braif Fatari yang diteruskan dengan tembakan keras kaki kiri.

Lima menit berselang, Macan Kemayoran mampu menggandakan keunggulan. Riko Simanjuntak kembali menjadi aktor terjadinya gol kedua.

Umpan silang mendatar Riko Simanjuntak dari sisi kiri berhasil disambar Taufik Hidayat yang lolos dari kawalan pemain belakang Persib. Persija unggul 2-0.

Tertinggal dua gol membuat Persib berada di dalam tekanan di sepanjang babak pertama. Serangan yang dibangun Wander Luiz dkk kerap kandas sebelum berhasil menusuk ke kotak penalti.

Persija bahkan nyaris unggul lewat peluang Osvaldo Haay di menit ke-26 dan Taufik Hidayat di pengujung babak pertama. Namun, peluang kedua pemain tersebut masih belum menemui sasaran. Skor 2-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, pelatih Persib Robert Rene Alberts mencoba melakukan penyegaran. Ezteban Vizcarra dan Dedi Kusnandar masuk menggantikan Febri Hariyadi dan Abdul Azis.

Pergantian tersebut membuat Persib berbalik menekan dan nyaris mencetak gol di menit ke-59. Umpan silang Frets Butuan dari sisi kanan mampu ditanduk Wander Luiz namun masih bisa diblok Tony Sucipto di depan gawang.

Persib yang berambisi mengejar ketinggalan memasukkan tambahan penyerang di menit ke-65. Ferdinand Sinaga dimasukkan untuk menggantikan Frets Butuan.

Tak lama berselang, Vizcarra mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, tembakannya masih terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi Andritany Ardhiyasa.

Persija mencoba keluar dari tekanan melalui serangan balik di menit ke-74. Osvaldo Haay berhasil menusuk mendekati kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kiri. Namun, bola masih membentur pemain belakang lawan dan membuat bola melaju lambat ke arah I Made Wirawan.

Kerja keras Persib untuk memperkecil ketinggalan nyaris membuahkan hasil di menit ke-81. Sayang, tendangan bebas Ferdinand Sinaga masih membentur mistar gawang.

Empat menit berselang, giliran Persija yang menebar ancaman. Sontekan Riko Simanjuntak menyambut umpan Simic di kotak penalti masih bisa diblok I Made Wirawan.

Persib terus berupaya untuk mencetak gol balasan hingga menit-menit akhir. Namun, usaha tim berjuluk Maung Bandung sering kali kandas berkat pertahanan disiplin Marco Motta dkk.

Skor 2-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga laga usai. Meski demikian, Persib masih punya peluang untuk membalikkan keadaan pada leg kedua final Piala Menpora yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4).[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

Lorenzo: Ada yang Hilang dari Cara Rossi Membalap

Diterbitkan

Pada

Penulis

Lorenzo: Ada yang Hilang dari Cara Rossi Membalap
Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (ist/net)
Baca Berita

Olahraga

KOI: Kebutuhan Anggaran untuk Olimpiade Tokyo Sebesar Rp38 Miliar

Diterbitkan

Pada

Penulis

KOI: Kebutuhan Anggaran untuk Olimpiade Tokyo Sebesar Rp38 Miliar
Sekjen KOI Ferry Kono (ist/net)
Baca Berita

Olahraga

Persiapan SEA Games 2021, Ketum PSSI Tunjuk Manajer Timnas Indonesia U23

Diterbitkan

Pada

Penulis

Persiapan SEA Games 2021, Ketum PSSI Tunjuk Manajer Timnas Indonesia U23
Uden Kusuma Wijaya (ist/net)
Baca Berita
Loading...