Perhatian, Pelanggan PLN Sekarang Bisa Cek Tagihan Lewat Aplikasi SwaCAM

  • Bagikan
Perhatian, Pelanggan PLN Sekarang Bisa Cek Tagihan Lewat Aplikasi SwaCAM
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – PT PLN (Persero) mengumumkan bahwa pelanggan saat ini bisa mengecek estimasi tagihan listrik bulan selanjutnya di dalam aplikasi New PLN Mobile. Pelanggan bisa melihatnya melalui fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM).

“Fitur SwaCAM kami hadirkan guna memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan. Sekarang pelanggan juga dapat mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya,” ungkap Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (25/4).

Menurut Bob, fitur ini dibuat demi meminimalisir potensi kesalahan baca meter oleh petugas. Hal ini khususnya di lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca oleh petugas.

Selain itu, sambung Bob, masyarakat juga dapat menikmati layanan baca meter mandiri lewat pesan WhatsApp di nomor 08122123123. Dengan demikian, pelanggan nantinya dapat membuat laporan mandiri pada 24-27 setiap bulannya.

Namun, apabila pelanggan tak melaporkan secara mandiri lewat SwaCAM atau layanan WhatsApp dan lokasi meter pelanggan sulit dibaca oleh petugas, maka PLN akan menggunakan skema perhitungan rata-rata tiga bulan pemakaian.

“Alternatif akhir tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan tagihan, ketika petugas PLN sudah bisa membaca stand meter di lokasi pelanggan,” jelas Bob.

Ia menambahkan bahwa pelanggan dapat mengunduh aplikasi New PLN Mobile melalui play store dan app store agar bisa mengestimasi tagihan listrik bulan selanjutnya.[prs]

  • Bagikan