Pencegahan Korupsi di Daerah, Gubernur Kaltim Apresiasi Pendampingan KPK

  • Bagikan
Pencegahan Korupsi di Daerah, Gubernur Kaltim Apresiasi Pendampingan KPK
Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor / NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengapresiasi jajaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini intensif melakukan pendampingan sebagai upaya pencegahan tindak korupsi di jajaran pemerintah daerah.

Gubernur Isran Noor mengakui dirinya bangga atas kinerja KPK ikut dalam pengawasan pemerintahan daerah, terkait kewenangan, anggaran dan keuangan.

“Saya bangga dan bahagia, KPK saat ini aktif dalam upaya pencegahan tindak korupsi. Sangat berbeda dengan pola kerja KPK yang lalu-lalu,” kata Isran Noor di Samarinda, Minggu (4/4/2021) malam.

Menurut mantan Bupati Kutai Timur ini, jika KPK selalu aktif dalam pencegahan, maka pelanggaran atau kesalahan tidak mudah terjadi.

“Sekarang sudah bagus, KPK luar biasa dan sudah ada perbaikan-perbaikan. Kalau dilakukan pencegahan lebih awal dengan pengawasan intern yang intens akan lebih baik,” ujarnya.

Kalau sebelumnya, ungkap Isran Noor, orang umum terlebih aparatur sipil negara, apabila mendengar bertemu KPK, maka yang muncul di pikiran mereka akan ditangkap.

Bahkan dulu ada anggapan, kalau KPK itu tugas pokoknya menangkapi orang, sehingga paradigma tentang KPK sangat menakutkan, bahkan ada juga membencinya.

“Tetapi dengan pola kinerja KPK saat ini, mereka intensif upaya pencegahan, dan tidak segan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah, tentu aparatur pemerintahan tidak merasa ketakutan lagi,” ujar suami Hj Norbaiti, Ketua TP PKK Kaltim ini.

Sebaliknya, Isran berharap aparatur pemerintahan di daerah selalu menjalin komunikasi dan koordinasi dengan KPK, termasuk aparat penegak hukum lainnya, sehingga kesalahan dan pelanggaran aturan tidak terjadi. (ant/ndi)

  • Bagikan