Otoritas Myanmar Tangkap Wartawan Jepang

Realitarakyat.com – Otoritas Myanmar menangkap wartawan asal Jepang, Yuki Kitazumi, usai menjemput dari kediamannya di Yangon, seperti dilansir media pada Senin (19/4/2021).

BBC Burma, yang mengutip saksi mata, melaporkan wartawan itu di bawa ke sel tahanan oleh pasukan keamanan pada Minggu (18/4/2021) malam. Ia diminta untuk mengangkat kedua tangan dan dibawa masuk ke dalam mobil, katanya.

Kedutaan Besar Jepang tidak langsung dapat dihubungi. Sementara itu, juru bicara junta militer tidak menanggapi permintaan berkomentar.

Kitazumi menjalankan perusahaan produksi media, Yangon Media Professionals, dan pernah menjadi wartawan untuk harian bisnis Nikkei, menurut akun Facebook miliknya dan wawancara dengan media daring.

Kitazumi sebelumnya pernah ditahan pada Februari saat meliput aksi penolakan kudeta 1 Februari, namun tak lama dibebaskan.

Menurut kelompok Assistance Association for Political Prisoners, sebanyak 737 orang tewas di tangan pasukan keamanan sejak kudeta dan 3.229 orang lainnya masih ditahan. (rtr/ant/ndi)