MotoGP 2021: Zarco Pimpin Klasemen, Rossi di Urutan 14

  • Bagikan
MotoGP 2021: Zarco Pimpin Klasemen, Rossi di Urutan 14
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Fabio Quartararo mencuri kemenangan di Grand Prix Doha, Sirkuit Losail, Qatar pada Minggu (4/4/2021) malam, setelah mematahkan perjuangan rookie Jorge Martin yang nyaris tampil dominan di balapan seri kedua MotoGP 2021 ini.

Martin, yang sejak start dari pole position memimpin lomba, juga harus menelan pil pahit ketika disalip oleh rekan satu timnya di Pramac Racing, Johann Zarco, yang melakukan manuver di lap terakhir demi finis runner-up untuk kedua kalinya di Qatar.

Kendati demikian, kru tim satelit Ducati itu tetap melakukan selebrasi mendapati kedua pebalapnya mampu finis podium hari itu.

Sedangkan bagi kubu tim Monster Energy Yamaha, kemenangan Quartararo itu mengulangi kesuksesan rekan satu timnya, Maverick Vinales yang menjuarai sesi pembuka akhir pekan lalu, membawa tim pabrikan Iwata itu kembali menjadi raja di Sirkuit Losail.

Vinales telat panas di start, dan sempat melorot tujuh posisi di P10 di awal lomba, meski akhirnya mampu finis P5.

Martin seakan tak tergoyahkan dan di ambang merebut kemenangan pertamanya di MotoGP setelah tampil perkasa memimpin balapan sejak start.

Namun, siapa sangka dengan lima lap tersisa, pebalap Spanyol itu kehilangan posisinya untuk pertama kali ketika Quartararo merangsek ke depan setelah membangun kecepatannya menyusul start yang buruk.

Sang pebalap Prancis mampu menjaga bannya dengan baik untuk melesat meninggalkan rival-rivalnya hingga finis 1,457 detik di depan kompatriotnya, demikian laman resmi MotoGP.

Setelah dua hasil runner-up, Zarco untuk sementara memimpin klasemen pebalap dengan raihan 40 poin, unggul tipis dari Quartarao dan Vinales yang sama-sama mengoleksi 36 poin.

Alex Rins harus kehilangan peluang finis podium menyusul serangan larut Quartararo. Sang pebalap Suzuki Ecstar itu mengamankan poin di P4, sedangkan rekan satu timnya, juara dunia bertahan Joan Mir, finis P7.

Memasuki paruh kedua lomba, Ducati mendapati empat pebalapnya di peringkat lima besar setelah Francesco Bagnaia dan Jack Miller melancarkan serangan.

Namun, Miller dibuat frustasi oleh Mir setelah keduanya terlibat dua kali senggolan sehingga kedua pebalap kehilangan beberapa posisi dan melewatkan peluang untuk bertarung di tiga teratas.

Bagnaia membuat kesalahan fatal ketika melebar di tikungan, terlempar dari perebutan podium dan finis P6, sedangkan Miller cukup kecewa di P9, satu posisi di belakang Brad Binder dari tim KTM Factory Racing.

Grand Prix Doha merupakan balapan kedua yang digelar secara beruntun di Qatar sebagai seri pembuka musim.

Juara dunia delapan kali Marc Marquez masih menjalani pemulihan cedera tulang humerus dan untuk sementara bangkunya di tim Repsol Honda diisi oleh test rider Stefan Bradl.

Marquez akan menjalani tes medis selanjutnya jelang seri ketiga yang akan berlangsung di Portimao, Portugal pada 16-18 April nanti.

Sementara itu, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) turun dua tangga ke posisi ke-14 dengan koleksi empat poin. Jumlah poin The Doctor ini, tak bertambah usai MotoGP Doha karena dia hanya finis ke-16. (ndi)

Berikut Klasemen MotoGP 2021:

1. Johann Zarco (Pramac Racing) 40 poin
2. Fabio Quartararo Monster Energy Yamaha 36
3. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) 36
4. Francesco Bagnaia (Ducati Team) 26
5. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 23
6. Joan Mir (Suzuki Ecstar) 22
7. Jorge Martin (Pramac Racing) 17
8. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) 15
9. Jack Miller (Ducati Team) 14
10. Pol Espargaro (Repsol Honda) 11
11. Enea Bastianini (Avintia Ducati) 11
12. Brad Binder (Red Bull KTM) 10
13. Stefan Bradl (Repsol Honda) 7
14. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) 4
15. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 4
16. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) 4
17. Luca Marini (Sky VR46 Avintia Ducati) 0
18. Iker Lecuona (KTM Tech3) 0
19. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) 0
20. Lorenzo Savadori Aprilia Gresini 0
21. Danilo Petrucci (KTM Tech3) 0
22. Alex Marquez (LCR Honda Castrol) 0

  • Bagikan