Connect with us

Headline

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Buka Rakernas Pertanahan dan Tata Ruang

Diterbitkan

Pada

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Buka Rakernas Pertanahan dan Tata Ruang
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Memasuki bulan April 2021, Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR / BPN) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021, yang mengambil tema Mewujudkan Pelayanan Modern, Profesional, dan Terpercaya di Bidang Pertanahan dan Tata Ruang .

Rakernas ini merupakan kegiatan tahunan Kementerian ATR / BPN, penyelenggaraan di tahun ini dilakukan secara tatap muka dengan peserta terbatas dan protokol kesehatan yang ketat, sebagian besar peserta mengikuti kegiatan secara berani.

Saat membuka Rakernas tersebut, Menteri ATR / Kepala BPN, Sofyan A. Djalil memberikan beberapa arahan. Yang pertama, ia menyampaikan apresiasi atas kerja keras setiap jajaran Kementerian ATR / BPN hingga saat ini.

“Kemudian, kalau ada dari Saudara yang memperoleh kesulitan dalam pekerjaan, mohon disampaikan,” kata Menteri ATR / Kepala BPN saat memberikan arahan pada Rakernas Kementerian ATR / BPN, Selasa (06/04/2021).

Sofyan A. Djalil menambahkan akan membandingkan setiap jajaran Kementerian ATR / BPN, baik menurut mereka dizalimi maupun terzalimi. “Saya juga minta agar kita meningkatkan kualitas pekerjaan kita,” tambahnya.

Dalam arahannya, Menteri ATR / Kepala BPN juga menyasar kualitas sumber daya manusia di Kementerian ATR / BPN. Tujuannya agar dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

“Hilangnya beberapa jabatan struktural juga akan mengakibatkan hubungan antar manusia menjadi lebih cair, misalnya seseorang yang terkungkung dalam suatu unit kerja lain, tetapi sekarang ia bisa diperbantukan di unit kerja lain,” kata Menteri ATR / Kepala BPN.

Menteri ATR / Kepala BPN juga menyatakan bahwa para kepala Kantor Pertanahan merupakan manajer kantor. Untuk itu, Ia meminta agar Kepala Kantor kerja para bawahannya serta rajin memberikan arahan mengenai pekerjaan yang akan dikerjakan.

Menteri ATR / Kepala BPN menyebutkan juga bahwa Kepala Kantor Pertanahan merupakan “Bupati” BPN.

“Saya katakan bahwa hari ini peran para Kepala Kantor lebih penting karena Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020, untuk pertimbangan teknis atau KKPR (Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang) merupakan kepala berwenang kantor. Oleh sebab itu, saya minta Saudara agar jangan segan menjalin komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan di daerah, “pesan Sofyan A. Djalil.

Ia juga berpesan bahwa semakin tinggi jabatan seseorang, maka semakin kecil pekerjaan teknis, semakin tinggi pekerjaan mereka untuk berkoordinasi.

Rakernas Tahun 2021 Kementerian ATR / BPN dimulai dengan penandatanganan Uang Kesepahaman atau MoU antara Kementerian ATR / BPN dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT RNI (Persero), Perum BULOG, Perum Pembangunan Perumahan Nasional, Perum Percetakan Republik Indonesia, serta Pemberian Hibah Sarana Kerja dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Semua prestasi, semua capaian ini adalah capaian Saudara-Saudara sekalian. Saya kadang-kadang menerima penghargaan, penghargaan dari lembaga lain, saya merasa risih, saya tidak berhak, yang berhak adalah Saudara-Saudara sekalian. Saya sangat bangga kepada seluruh insan ATR / BPN yang telah bekerja dengan baik sekali, “ujarnya.

Sofyan A. Djalil menyampaikan rasa bangganya kepada insan ATR / BPN di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama untuk memajukan Kementerian ATR / BPN. Sehingga saat ini, pemerintah dan para pemangku kepentingan telah menyatakan bersedia menyatakan “ATR / BPN Kini Lebih Baik”.

Perbaikan dalam hal pelayanan, Kementerian ATR / BPN juga memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengutamakan kemampuan dan prestasi.

“Ayo sama-sama kita tingkatkan terus kualitas. Kalau terus ditingkatkan kualitasnya, akan menciptakan administrasi pertanahan yang lebih baik, “tegas Sofyan A. Djalil.

Selanjutnya, dengan penerapan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UUCK), Kementerian ATR / BPN akan mengalami banyak perubahan paradigma ke arah yang lebih baik. Sebab, esensi UUCK di mengurangi regulasi, komplikasi, hingga panjangnya mata rantai dalam publik.

“Ini sudah tradisi birokrasi kita. Dan saya pikir harus mengubah pola pikir, UUCK menyederhanakan masalah tanpa mengurangi substansi. Waktu sangat sedikit, kita bersaing ke seluruh dunia yang bergerak sangat cepat. Kualitas sudah lebih baik, pelayanan kita semakin hari semakin baik, PTSL (Pendaftaran) Tanah Sistematis Lengkap) makin baik, paparnya.

Turut hadir dalam pembukaan Rakernas, Wakil Menteri ATR / Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra; Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR / BPN, Himawan Arief Sugoto; Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian ATR / BPN, Sunraizal; dan Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT) Kementerian ATR / BPN sekaligus Ketua Panitia Rakernas, Suwito.(Din)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

Sejarah Terukir, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Sabet Emas Olimpiade Tokyo 2020

Diterbitkan

Pada

Sejarah Terukir, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Sabet Emas Olimpiade Tokyo 2020
Baca Berita

Headline

Hadapi Pandemi Covid-19, Jokowi Ajak Masyarakat Rapatkan Barisan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Hadapi Pandemi Covid-19, Jokowi Ajak Masyarakat Rapatkan Barisan
Presiden Jokowi (ist/net/ant)
Baca Berita

DPR

Raih Emas Olimpiade Tokyo, Gus Muhaimin: Terimakasih Greysia/Apriyani, Kalian Luar Biasa!

Diterbitkan

Pada

Penulis

Raih Emas Olimpiade Tokyo, Gus Muhaimin: Terimakasih Greysia/Apriyani, Kalian Luar Biasa!
Baca Berita
Loading...