Matang dan Dewasa, Demokrat Pastikan AHY Bisa Maafkan Moeldoko

  • Bagikan
ahy
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono //Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Partai Demokrat menegaskan jika Ketumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa memaafkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko asalkan mau meminta maaf atas perbuatannya ke partai berlambang segitiga mercy tersebut.

“Saya berpandangan, dari sisi hubungan kemanusiaan, Pak SBY dan Mas Ketum AHY pasti bisa membuka pintu maaf jika Pak Moeldoko meminta maaf dan bersungguh-sungguh menyesali perbuatannya,” kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada wartawan, Jumat (2/4/2021).

Hal itu terjadi, menurut Kamhar, lantaran AHY adalah sosok yang matang dan dewasa, hingga dia mampu mengelola masalah meski menghadapi orang seperti Moeldoko.

“Ini sekaligus menujukan sisi kedewasaan dan kemanusiaan Mas Ketum dalam merespons dan mengelola konflik. Matang dan dewasa,” ucapnya.

Dijelaskan Kamhar, kendati pintu maaf akan dibuka namun Moeldoko tidak serta merta dikemudian hari mendapat dukungan politik dari Demokrat. Pasalnya, ada banyak pertimbangan yang harus diambil oleh partai, jika Moeldoko mau gabung ke Partai Demokrat.

“Tentu akan mempertimbangkan rekam jejak politik Pak Moeldoko, dan berbagai variabel lainnya. Ini akan menjadi bab tersendiri yang butuh pembahasan lebih lanjut,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai isu jika Moeldoko akan maju bertarung di Pilgub DKI Jakarta pada 2024 nanti, nama dari mantan panglima TNI itu ternyata tidak masuk dalam rencana Partai Demokrat pada Pilgub DKI Jakarta.

“Sampai saat ini belum ada pembahasan di Bappilu ataupun arahan dari Bang Andi Arief selaku Kepala Bappilu untuk mempersiapkan pembahasan terkait Pak Moeldoko untuk Pilgub DKI,” akuinya.

“Karena kewenangan Pilgub ada di Majelis Tinggi Partai (MTP), tentu kami akan menghormati dan menjalankan apa yang menjadi keputusan MTP yang diketuai Pak SBY,” pungkasnya.[prs]

  • Bagikan