MAKI Minta Azis Syamsuddin Klarifikasi Terbuka Soal Suap Penyidik KPK

  • Bagikan
MAKI Minta Azis Syamsuddin Klarifikasi Terbuka Soal Suap Penyidik KPK
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) meminta Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin memberikan klarifikasi terbuka soal keterlibatan dirinya dalam kasus suap penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. MAKI menilai, sebagai wakil rakyat, Azis perlu memberikan penjelasan.

“MAKI memohon dan meminta kepada yang terhormat Azis Syamsuddin sebagai pimpinan dan anggota DPR RI segera memberikan klarifikasi terbuka karena apa pun dia wakil rakyat sehingga wajib memberikan penjelasan kepada rakyatnya dalam bentuk jumpa pers atau melalui media sosial sesuai pilihannya,” ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/4/2021).

Boyamin mengatakan Azis tidak boleh bersembunyi dan menghindari pertanyaan yang diberikan. Sebab, menurut Boyamin, Azis biasanya akan memberikan tanggapan bila berada pada posisi yang menguntungkan.

“Yang terhormat Azis Syamsuddin tidak boleh menunda dan bahkan bersembunyi dengan cara memberikan jawaban pendek, jika keadaan dianggap tidak menguntungkan dirinya. Karena pada posisi lain yang dianggap menguntungkan diri biasanya yang terhormat Azis Syamsuddin akan memberikan keterangan panjang lebar,” kata Boyamin.

“Jadi MAKI minta tolong kepada yang terhormat Azis Syamsuddin untuk segera memberikan klarifikasi dalam bentuk jumpa pers, dengan keleluasaan tanya jawab wartawan tanpa dibatasi waktu mau pun jumlah pertanyaan,” sambungnya.

Boyamin menilai, dengan tidak adanya klarifikasi, itu akan merugikan Azis sendiri. Hal ini karena masyarakat telah menganggap jelek hal tersebut.

“Dengan belum adanya klarifikasi dari yang terhormat Azis Syamsuddin justru akan merugikan dirinya karena masyarakat dapat dipastikan akan memaknai dengan hal-hal yang buruk berdasar dugaan keadaan yang disembunyikan, kalau tidak ada masalah mestinya buka-bukaan tanpa ada yang ditutupi,” tuturnya.

Diketahui, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin terseret kasus dugaan suap Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial terhadap penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. Azis pun membawa-bawa ayat suci saat ditanya soal tanggapan soal namanya yang disebut-sebut di kasus itu.

“Bismillah, Al-Fatihah,” kata Azis Syamsuddin lewat pesan singkat saat dimintai konfirmasi, Jumat (23/4/2021).

Politikus Golkar ini tak menjelaskan maksud responsnya itu. Dia juga tak menepis atau membenarkan kronologi yang disampaikan Firli soal pertemuan di rumahnya.

KPK sendiri bakal memeriksa Azis Syamsuddin secepatnya. Firli mengungkapkan Azis bisa saja diperiksa minggu depan. Yang pasti, kata Firli, Azis diperiksa dalam waktu dekat.

“Itu kepentingan penyidikan secepatnya seperti yang saya bilang tadi,” ujar Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan di gedung KPK, Sabtu (24/4/2021).

“Kalau bisa Senin kita periksa, kita periksa. Bisa Selasa, kita periksa. Secepatnya,” tukasnya.[prs]

  • Bagikan