Connect with us

Hukum

KPK Tetapkan Nurhadi Jadi Tersangka Suap Mantan Bos Lippo Group

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi Abdurrachman sebagai tersangka terkait dugaan suap, gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Nurhadi diduga menerima sejumlah uang dari mantan Bos Lippo Group, Eddy Sindoro.

“Saat ini KPK telah menaikkan status penyidikan tindak pidana korupsi berupa dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait pengurusan perkara dari ES (Eddy Sindoro) dan kawan-kawan,” kata Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, melalui pesan tertulisnya, Jumat (16/4/2021).

“Selain itu, juga telah dilakukan penyidikan dalam dugaan penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang/TPPU,” ujar Ali menambahkan.

Ali mengatakan pihaknya menduga telah terjadi perubahan bentuk dan penyamaran dari dugaan korupsi berupa pembelian aset-aset bernilai ekonomis seperti properti maupun aset lainnya.

“Kami memastikan setiap perkembangan mengenai kegiatan penyidikan perkara ini akan selalu disampaikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Nurhadi divonis bersalah dalam perkara suap dan gratifikasi terkait dengan pengaturan sejumlah perkara di lingkungan peradilan sekitar Rp49 miliar.

Ia terbukti menerima suap dari Direktur Utama PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto dan gratifikasi dari sejumlah pihak.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat memvonis Nurhadi pidana 6 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsidair 3 bulan kurungan.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hukum

Resmi Ditutup BNN, “Operasi Laut Interdiksi Terpadu” Gagalkan Penyelundupan 122 Kg Sabu

Diterbitkan

Pada

Penulis

Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari (ist/net)
Baca Berita

Hukum

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Inilah Total Kekayaan Azis Syamsuddin 

Diterbitkan

Pada

Penulis

Tersangka kasus dugaan suap, Aziz Syamsuddin (ist/net/tribunnews)
Baca Berita

Headline

Melalui DPP Golkar, Azis Syamsuddin Mundur dari Jabatan Wakil Ketua DPR

Diterbitkan

Pada

Penulis

Azis Syamsuddin oleh KPK ditetapkan tersangka pemberi suap (ist/net)
Baca Berita
Loading...