Korsel Berharap China Mainkan Peran dalam Upaya Perdamaian dengan Korea Utara

  • Bagikan
Korsel Berharap China Mainkan Peran dalam Upaya Perdamaian dengan Korea Utara
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri luar negeri Korea Selatan mengatakan pada Sabtu (3/4/2021) pihaknya berharap China akan memainkan peran dalam upaya perdamaian antara Korea Selatan dan Utara, saat Amerika Serikat dan sekutunya setuju untuk terus mendorong Pyongyang untuk melakukan denuklirisasi.

“Korea Selatan dan China memiliki tujuan yang sama menuju denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea dan menuju kebijakan perdamaian permanen,” kata Chung Eui-yong seperti dikutip oleh kantor berita Korea Selatan Yonhap.

Chung bertemu pada hari Sabtu dengan Menteri Luar Negeri Wang Yi, diplomat tertinggi pemerintah China, di kota Xiamen, China, sebagai bagian dari kunjungan pertama seorang menteri luar negeri Korea Selatan ke China sejak 2017.

Wang mengatakan China dan Korea Selatan telah sepakat “untuk mempromosikan proses penyelesaian politik masalah seputar Semenanjung Korea,” lapor Yonhap.

Pada hari Jumat, pejabat keamanan nasional dari Amerika Serikat, Jepang, dan China setuju untuk bekerja sama untuk terus menekan Korea Utara agar menghentikan program rudal nuklir dan balistiknya, dan tentang perlunya mengimplementasikan resolusi Dewan Keamanan PBB tentang Korea Utara.

Kunjungan Chung dilakukan saat Seoul berusaha memperbaiki hubungan dengan mitra dagang terbesarnya. Perselisihan tahun 2016 tentang sistem anti-misil AS yang ditempatkan di Korea Selatan menghantam industri pariwisata, kosmetik, dan hiburan negara itu. (rtr/ant/ndi)

  • Bagikan