Kini Warga Saudi hanya Boleh Umroh Satu Kali Selama Ramadhan

  • Bagikan
Kini Warga Saudi hanya Boleh Umroh Satu Kali Selama Ramadhan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Warga maupun penduduk tetap di Arab Saudi hanya bisa mendapatkan satu kali izin umrah selama Ramadan tahun ini. Aturan tersebut diterapkan terkait pandemi Covid-19.

Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan, setiap jemaah hanya mendapatkan satu kali izin melalui aplikasi Eatamarna, muncul sejak hari pertama Ramadhan 1442 H yang dimulai pada Selasa (13/4/2021).

Sementara, warga dan penduduk tetap diperbolehkan datang setiap hari untuk salat di Masjidil Haram dan Nabawi. Namun, harus melalui pengajuan izin aplikasi Eatamarna.

Izin untuk salat lima waktu hanya dikeluarkan untuk satu hari, sehingga jemaah yang ingin kembali lagi di kemudian hari harus mendaftar kembali. Pemberian izin tersebut sudah termasuk Salat Isya dan Tarawih.

Sebelumnya, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz setuju untuk mempersingkat pelaksanaan Sholat Tarawih di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah selama Ramadan tahun ini. Sholat sunah malam itu akan dipangkas menjadi 10 rakaat.

Kepala Presidensi Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syekh Abdul Rahman Al-Sudais mengatakan, pihaknya menyiapkan protokol standar kesehatan bagi para jemaah yang hadir.

Sheikh Al-Sudais juga memastikan pelaksanaan ibadah di 2 Masjid Suci itu akan memenuhi semua standar WHO terkait protokol kesehatan.

“Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman terus menindaklanjuti segala sesuatu yang akan memberikan layanan terbaik bagi para peziarah dan jemaah selama musim yang belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya dikutip dari Saudi Gazette, Senin (12/4/2021) .

“Kepresidenan telah melengkapi kemampuan manusia dan mekanik secara penuh untuk melayani jemaah dan jemaah selama Ramadhan bekerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam melayani para tamu Tuhan,” tambahnya.(Din)

  • Bagikan