Connect with us

Nasional

Kemendagri Ajak Seluruh Pihak Gelorakan Pengembangan Karakter Pancasila

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Bahtiar mengajak seluruh pihak untuk menggelorakan penanaman dan pengembangan karakter berasaskan Pancasila. Mengingat Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia.

“Jadi kita sebenarnya ingin kembali mengetuk seluruh hati manusia yang ada di Indonesia, ‘Hey kita punya ideologi yang namanya Pancasila,’ hanya inilah yang memperkuat, mempererat dan menyatukan kita. Kalau kita meninggalkan itu, ancaman untuk keretakan bangsa ini mungkin saja akan terjadi, maka ini terus menerus harus digelorakan,” kata Bahtiar dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

Hal tersebut dia sampaikan pada acara Virtual Expo, Talkshow, Workshop, Pentas Seni dan Budaya bertajuk ‘NASIONAL IS ME: Indonesia Pasti Bisa – Penanaman dan Pengembangan Karakter Penerus Bangsa Berasaskan Pancasila’ di Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

Menurutnya, karakter serta wawasan kebangsaan yang berasaskan Pancasila perlu ditumbuhkembangkan, terlebih di tengah arus globalisasi. Sebab, pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi harus diiringi dengan semangat masyarakat dalam merawat citra dan jati diri bangsa Indonesia.

“Negara ini, tetap harus memiliki karakter, ciri, sifat yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Oleh karenanya, disebut bangsa Indonesia yang bertauladan, Indonesia yang mandiri dan berkarakter, itulah bedanya negara kita dengan negara-negara lain,” terangnya.

Karakter berasaskan Pancasila sebagai pembeda dan jati diri bangsa, harus tumbuh dari gerakan masyarakat. Sementara itu, Pemerintah dinilainya perlu hadir sebagai fasilitator dalam gerakan positif yang tumbuh dari masyarakat, berupa pembinaan ideologi Pancasila.

“Kita terus menerus, setiap saat dan setiap waktu, gerakan di seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Diungkapkan Bahtiar, sebagai falsafah negara Pancasila menjadi pedoman yang harus dijadikan pegangan dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila juga merupakan ideologi pemersatu bangsa multilateral yang terdiri dari masyarakat dari budaya, agama, dan profesi yang bermacam-macam.

“Beragam pekerjaan, bolehlah latar belakang berbeda, (tapi) Pancasila mempersatukan kita, ini yang membedakan manusia yang hidup di negara ini dengan negara lain,” tandasnya.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Akhir Tahun, Puan Ingatkan Pemerintah Percepat Vaksinasi

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua DPR RI Puan Maharani (ist/net)
Baca Berita

DPR

Lembaga Riset Dilebur ke BRIN, Komisi VII Kunjungi P3Tek KESDM

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto (ist/net)
Baca Berita

DPD

Ketua DPD Berharap BRIN Jadi Lokomotif Kedaulatan Teknologi Nasional

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (ist/net)
Baca Berita
Loading...