Ini Penjelasan Wapres Soal Santri Boleh Mudik Lebaran

  • Bagikan
ma'ruf
Wapres Ma'ruf Amin/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, mengklarifikasi soal santri boleh mudik pada Idulfitri 2021. Ia tidak meminta kelonggaran larangan mudik bagi santri. Ma’ruf balapan bahwa ia hanya ingin memfasilitasi santri mudik sebelum larangan.

Juru bicara wapres, Masduki Baidlowi mengatakan, bahwa Ma’ruf ingin memfasilitasi mudik ini setelah mendengar keresahan para santri yang khawatir tidak dapat berkumpul dengan keluarga di Hari Idulfitri.

“Mendengar perintah ini, Wapres mencoba memberi jalan tengah dengan memberikan opsi memfasilitasi kepulangan santri dari instansi yang berada sebelum masa Larangan Mudik, bukan dispensasi pada masa Larangan Mudik yang telah ditetapkan pemerintah yaitu tanggal 6 sd 17 Mei 2021,” ujar Masduki dalam keterangan Sabtu (24/4/2021).

Masduki menyatakan bahwa kebijakan larangan mudik memang membuat resah para santri yang sedang menimba ilmu di pesantren.

Kekalahan ini, muncul setelah Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 dikeluarkan baru-baru ini.

Adendum itu berisi aturan Pengetatan Mudik yang sesuai mulai H-14 Larangan Mudik (periode 22 April-5 Mei 2021) dan H + 7 Larangan Mudik (18-24 Mei 2021).

“Para santri bertanya terkait kepulangan usai ngaji pasanan (pengajian Ramadan). Mereka khawatir tidak bisa pulang setelah masa pengajian usai karena umumnya pengajian Ramadhan baru berakhir hari ke-21 Ramadhan atau tanggal 3 Mei 2021,” kata dia.

Menurut dia, para santri pulang dari pesantren diperkirakan sebelum tanggal 6 Mei 2021, mengingat pengajian Ramadan sudah selesai tanggal 3 Mei 2021.

“Jadi sekali lagi ditegaskan bahwa kepulangan para santri dari pesantren bukan di kurun waktu Namun, dalam rentang waktu Pengetatan Mudik yaitu sekitar tanggal 4-5 Mei 2021,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Masduki juga menyatakan bahwa lingkungan pesantren merupakan komunitas tertutup, di mana lalu lintas keluar masuk orang dari dan ke fasilitas itu sangat terbatas dan terawasi dengan baik.(ilm)

  • Bagikan