Ini Alasan Eks Menkes Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Nusantara

Realitarakyat.com – Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari mengungkap alasannya bersedia menjadi relawan uji klinis vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Menurutnya, seorang peneliti kerap berpikir beda dengan orang lain.

“Maka saya bersedia menjadi relawan karena saya menghargai seorang peneliti yang berpikiran beda dengan yang lainnya,” kata Siti dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

“Dia membuat hipotesis, dan hipotesis itu boleh saja salah, tetapi harus dibuktikan dulu. Maka perlu penelitian,” ujarnya menambahkan.

Siti mengaku sangat bahagia karena cocok dengan metode yang dikembangkan tim peneliti vaksin Nusantara gagasan mantan Menkes Terawan Agus Putranto.

“Saya sangat bahagia karena kondisi saya saat ini sangat cocok dengan metode ini,” ujarnya.

Siti menjadi salah satu relawan uji klinis vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Subroto pagi tadi. Vaksin Nusantara tengah mendapat sorotan setelah sejumlah pihak menjalani pengambilan sampel darah yang menjadi metode dalam proses vaksinasi.

Selain Siti, politikus senior Partai Golkar Aburizal Bakrie, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad juga mengikuti uji klinis tersebut.

BPOM sendiri belum memberikan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) uji klinis fase II vaksin Nusantara lantaran tim peneliti tak kunjung memberikan revisi terkait beberapa temuan.[prs]