Guspardi Gaus: Dana Otsus Papua Jangan Kami yang Tentukan

  • Bagikan
guspardi
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota DPR RI Guspardi Gaus menilai revisi UU Otsus harus jadi momentum bagi Pemerintah untuk memperkuat pengawasan dan perbaikan birokrasi, agar dana Otsus yang diperuntukkan untuk pembangunan di wilayah Papua tepat sasaran.

“Dana otsus jangan kami yang menentukan, karena antara kepentingan pusat dan daerah tentu berbeda. Revisi UU Otsus Papua harus jadi momentum perkuat pengawasan dan perbaikan bikrokrasi agar anggaran berhasil dan berdaya guna,” kata Guspardi lewat keterangan persnya, Jumat (2/4/2021).

Menurut Anggota Panitia Khusus (Pansus) Revisi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua DPR RI ini, dana Otsus Papua masih dibutuhkan untuk melanjutkan keberlangsungan pembangunan di Papua. Olehnya itu, dugaan adanya korupsi atas penggunaan dana otsus seperti yang diungkap Polri, jangan sampai menutup peluang perpanjangan dana Otsus.

“Jadi, kalau ada pemborosan atau ada pihak-pihak tertentu melakukan pelanggaran harus ditindak. Namun, saya berharap Pemerintah melakukan supervisi, pendampingan, dan pengawasan terhadap pengucuran dana otsus,” ucapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, Pemerintah daerah harus memiliki konsep pembangunan dengan skala prioritas, agar dana Otsus ini bermanfaat bagi masyarakat Papua. Lanjut Guspardi, pembangunan dilakukan berdasarkan kebutuhan masyarakat yang pada akhirnya bisa mendongkrak ekonomi di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan Pemerintah akan memperpanjang kebijakan dana otonomi khusus Papua.[prs]

  • Bagikan