FPK : Ridwan Kamil dan Zulkieflimansyah Dinilai Sebagai Kandidat Alternatif di Pilpres 2024

Realitarakyat.com – Kalangan pemuda yang tergabung Forum Pemuda Kebangsaan (FPK) melihat bahwa pemimpin Indonesia ke depan memang setidaknya harus lahir dari figur yang sudah teruji kepemimpinannya, baik di pusat ataupun di daerah. Syarat itu dikatakan ada pada lima sosok kepada daerah.

“Sangat mungkin akan diberikan kesempatan oleh para elit politik yang saat ini memegang kendali pada partai politik, bahwa mereka para kepala daerah cukup memenuhi kriteria sebagai pemimpin nasional,” ujar juru bicara FPK, Ahmad Nawawi di sela-sela diskusi publik dengan tema “Peluang Kepala Daerah Pada Pilpres 2024” di Jakarta, Senin (19/4/2021).

Seri diskusi tersebut hadir juga Ketum Pemuda Muslimin Indonesia Muhtadin Sabilly, Ketum GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia) Masri Ikoni, Ketum IPTI (Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia) Ardi Susanto, dan Ketum Himmah Al-Washliyah Aminullah Siagian.

Nawawi yang juga Ketum GEMA Mathlal’ul Anwar itu menyebutkan setidaknya ada lima kepala daerah yang dijagokan menjadi Capres 2024. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Memang Saat Ini Paket yang kuat muncul isu alternatip Ridwan Kamil dan Zulkieflimansyah, dan jika paket ini maka akan mewakili jawa dan Indonesia timut ,” Ujarnya.

Akan tetapi selain itu ada bebarap tokok yang saat ini mejabat kepala daerah.

“Di luar ke lima kepala daerah yang kami sebutkan mungkin saja masih ada juga yang dianggap memiliki kemampuan yang mumpuni memimpin Indonesia, tapi nama-nama tersebut setidaknya kami anggap layak dan mampu memimpin Indonesia 2024-2029,” kata Nawawi.

Sebagaimana diketahui bahwa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 masih cukup jauh, yakni dua tahunan lagi. Namun, sejumlah lembaga survei telah mengumumkan nama-nama tokoh yang berpeluang menjadi calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Khusus untuk trend Capres dari kepala daerah berdasarkan hasil survei ternyata masih diminati oleh masyarakat. Mereka berharap para kepala daerah mampu mengulang sukses Presiden Jokowi yang berangkat dari Walikota, Gubernur hingga menjadi Presiden.

Alasan yang paling banyak dilontarkan oleh masyarakat adalah mereka ada modal pengalaman memimpin daerahnya masing-masing.(Din)