Connect with us

Headline

Fasilitasi Pertemuan Penyidik KPK dengan Syahrial, Azis Syamsuddin Dilaporkan ke MKD DPR

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin diadukan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR oleh Wakil Ketua Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) Kurniawan Adi Nugroho.

Azis dilaporkan karena namanya terseret kasus dugaan suap penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dan Wali Kota (Walkot) Tanjungbalai M Syahrial.

“Iya sekitar jam 11.00,” kata Kurniawan Adi Nugroho saat dimintai konfirmasi, Senin (26/4/2021).

Dalam surat tanda terima MKD, pokok aduan terkait pertemuan antara pihak yang sedang diselidiki KPK dengan penyidik KPK di rumah dinas Azis Syamsuddin. Menurut Kurniawan, Azis sepatutnya tak memfasilitasi pertemuan tersebut.

“Terkait dengan dia memfasilitasi pertemuan antara Syahrial dengan penyidik KPK itu. Kan di KPK itu ada peraturan internal di mana penyidik dan pegawai itu nggak boleh ketemu dengan pihak yang akan diperiksa atau pihak yang terlibat,” ujarnya.

Kuniawan menyebut Syahrial datang ke rumah dinas Azis Syamsuddin dan ada penyidik KPK AKP Robin. Di titik itu lah, Azis dinilai melanggar kode etik.

“Nah itukan Pak Azis ini dia sudah dari Komisi III di mana KPK mitra kerja dari dulu. Dia seharusnya tahu bahwa itu adalah perbuatan yang dilarang tapi itu justru dilakukan apalagi ternyata pertemuan itu membahas perbuatan yang melanggar hukum,” ucap Kurniawan.

“Ini sudah melanggar kalau menurut kami sudah bertentangan dengan kewajiban, melanggar kode etik maka kemudian kita laporkan beliau ke MKD,” tambahnya.

Kurniawan berharap laporan LP3HI terhadap Azis diproses oleh MKD DPR RI. LP3HI meminta MKD DPR RI memeriksa Azis Syamsuddin.

“Iya setidaknya nanti MKD kita harapkan untuk memeriksa teradu Pak Azis itu dengan baik. Karena apa pun ini kan disorot oleh masyrakat seluruh indonesia, bagaimana seorang pejabat lembaga tinggi kemudian dia masuk intervensi dalam proses proses penegakan hukum,” imbuhnya.

Namun, Azis belum memberikan keterangan terkait aduan ke MKD DPR RI ini.

KPK sebelumnya bakal memeriksa Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin secepatnya. Azis disebut-sebut terlibat mengenalkan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial terkait kasus suap.

“Itu kepentingan penyidikan secepatnya seperti yang saya bilang tadi,” ujar Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan di Gedung KPK, Sabtu (24/4).

Firli mengungkapkan Azis bisa saja diperiksa minggu depan. Yang pasti, kata Firli, Azis pasti diperiksa dalam waktu dekat.

“Kalau bisa Senin kita periksa, kita periksa. Bisa Selasa, kita periksa. Secepatnya,” ujarnya.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Jumlah Penerima Vaksin COVID-19 Dosis Kedua di Indonesia Capai 49,6 Juta Orang

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Headline

Usulkan Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan Nasional, NasDem Temui Mahfud MD

Diterbitkan

Pada

Penulis

(ist/net)
Baca Berita

Headline

Diucapkan di Lapas Rajabasa Lampung, Empat Napi Terorisme Jaringan JAD Berikrar Setia NKRI

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...