Connect with us

DPR

Fadli Zon: Masalah Terorisme harus Jadi Evaluasi Bersama

Diterbitkan

Pada

Fadli Zon (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon mengatakan masalah terorisme harus menjadi evaluasi bersama agar jangan sampai kasus tersebut makin besar di Indonesia.

“Masalah terorisme seharusnya menjadi evaluasi bersama, kenapa masih terjadi tindakan terorisme. Kami berharap dengan banyak lembaga yang menangani terorisme, makin kecil pula terorisme itu,” katanya, saat melakukan kunjungan, di Kampus UNS Solo, Kamis (8/4/2021).

Ia mengatakan melihat pengalaman sejumlah negara lain seperti Amerika, banyak kasus terorisme yang bersifat manufaktur atau yang dibuat, bukan karena bentuk ideologis sebuah kelompok.

“Jadi ini memang harus menjadi evaluasi, jangan sampai terorisme ini menjadi instrumen bagi kekuasaan untuk menjustifikasi adanya kegiatan teror. Saya tidak melihat, misalnya yang tertuduh kan selalu umat Islam yang merupakan mayoritas,” katanya.

Ia juga berharap agar tidak ada oknum yang justru memelihara keberadaan terorisme di Indonesia.

“Seharusnya kita harus habisi yang namanya terorisme itu dan jangan ada yang menghidup-hidupkan. Termasuk BIN yang punya anggaran dalam pemberantasan terorisme agar ada semacam evaluasi, sejauh mana efektivitas dalam program deradikalisasi,” katanya.

Mengenai isu radikalisme di Indonesia, ia menilai masyarakat Indonesia sebetulnya sangat moderat.

“Saya tidak melihat ada orang yang radikal, pemahaman agama Indonesia sudah input bercampur dengan tradisi, kan Islam tidak pernah menumpas tradisi, ketika Islam masuk Jawa terjadi Islamisasi Jawa, akulturasi budaya,” katanya. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Puan Sebut Karang Taruna Tak Pernah ‘Mager’, Ajak Bangkitkan Semangat Generasi Muda Hadapi Pandemi

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

BKSAP Sebut Pemerintah Belum Serius Selamatkan UMKM

Diterbitkan

Pada

Penulis

Achmad Hafizs Thohir/Ist
Baca Berita

DPR

MKD Klaim Tak Akan Intervensi Penetapan Tersangka Azis Syamsuddin

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota MKD Habiburokhman/Net
Baca Berita
Loading...