Erick Thohir Rombak Direksi PT PAL Indonesia

  • Bagikan
Erick Thohir Rombak Direksi PT PAL Indonesia
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan Direksi PT PAL Indonesia (Persero). Erick mengganti tiga direktur BUMN pertahanan dan manufaktur itu.

Pergantian direksi tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 123/MBU/04/2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan

Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero). Surat itu tertanggal hari ini, Rabu (21/4/2021).

Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan Direktur Utama Budiman Saleh. Sebagai gantinya, Erick menunjuk Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang.

Selain Direktur Utama PAL, Kementerian BUMN juga mengganti Direktur Rekayasa Umum & Harkan Sutrisno dan Direktur Pembangunan Kapal Turitan. Mereka diberhentikan dengan hormat karena periode masa tugas telah usai.

“Kepada Bapak Budiman Saleh, Bapak Sutrisno dan Bapak Turitan Indaryo, kami sampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan pikiran dan tenaga selama menjabat sebagai direksi perseroan,” terang Sekretaris PAL Indonesia Rariya Budi Harta dalam keterangan resmi.

Selain itu, Kementerian BUMN juga mengubah nomenklatur jabatan Direksi PAL Indonesia. Jabatan Direktur Rekayasa Umum, Pemeliharaan, dan Perbaikan menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan. Posisi ini diisi oleh Kuntjoro Pinardi.

Sementara itu, nomenklatur Direktur Pembangunan Kapal diubah menjadi Direktur Produksi, yang kini dijabat oleh Iqbal Fikri.

“Kami berharap dengan penunjukan posisi direksi ini akan membuat PAL menjadi perusahaan berkelas dunia yang mampu bersaing di pasar global,” imbuh Rariya.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PAL Indonesia Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang menyampaikan tantangan ke depan yang dihadapi PAL adalah kesiapan menyambut era industri 4.0. Ia berharap agar PAL dapat memberikan kontribusi yang terbaik kepada negara.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kaharuddin merupakan orang yang telah malang melintang di dunia perkapalan. Ia sempat mendalami dunia perkapalan hingga ke Universitas Nagasaki, Jepang berbekal beasiswa dari BJ Habibie.

Ia sempat meraih predikat mahasiswa terbaik studi perkapalan se-Jepang pada 1997. Pengalamannya mendesain kapal tidak bisa diragukan lagi.

Tercatat, ia telah mendesain lebih dari 350 kapal milik perusahaan Jepang dari segala jenis kapal. Mulai dari kapal tanker pengangkut minyak, LPG, bahan kimiar, hingga kontainer vessel.

Berikut susunan Direksi PT PAL Indonesia (Persero) per 21 April 2021

Direktur Utama: Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang
Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan: Kuntjoro Pinardi
Direktur Produksi: Iqbal Fikri
Direktur Keuangan: Irianto
Direktur SDM & Umum: Etty Soewardani.
[prs]

  • Bagikan