Connect with us

Kesehatan

Dirut Bio Farma : Akhir April, 500 Ribu Vaksin Sinopharm Diterima

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – PT Bio Farma dijadwalkan akan menerima 500 ribu dosis vaksin dari Sinopharm pada akhirl April 2021.

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Honesti Basyir menyebut untuk pengadaan vaksin bagi vaksinasi gotong royong pihaknya sudah melakukan diskusi dan negosiasi dengan tiga perusahaan vaksin.

“Di April ini di minggu ke-4 dijadwalkan kita akan mendapatkan 500.000 dosis dari Sinopharm. Kemudian juga dari April sampai dengan Juli 2021 akan ada tambahan 7 juta dosis lagi. Kemudian dari Q3 sampai Q4 akan ada 7,5 juta dosis,” ungkap Honesti dalam keterangan Jumat (9/4/2021).

Ia menambahkan, Sinopharm akan didapatkan suplai vaksin untuk kepentingan vaksinasi gotong royong sebesar 15 juta dosis vaksin.

Lebih lanjut Honesti mengatakan, vaksin yang kedua adalah Sputnik dari Rusia yang saat ini proses finalisasi registrasinya di BPOM. Komitmen Sputnik sendiri ialah sebesar 20 juta dosis.

“Dosis ini akan dimulai pengiriman pertama secepatnya setelah EUA dari Badan POM keluar. Kalau informasi dari kepala Badan POM tadi akan keluar minggu keempat 2021 April ini, dan bisa melakukan pengiriman di minggu 4 April atau awal Mei 2021,” jelasnya.

Pengiriman akan dimulai perbulannya 5 juta dosis, hingga nanti Juli 2021. Maka total ]Indonesia akan mendapatkan supply vaksin dari Sputnik ini sebesar 20 juta dosis untuk vaksinasi gotong royong.

Kemudian vaksin ketiga ialah vaksin Cansino dari China. Vaksin ini memiliki rezim yang berbeda dari vaksin Sinovac yaitu hanya satu kali dosis suntikan. Komitmen sudah didapatkan dengan pihak Cansino.

“Di mana 3 juta dosis mereka akan delivery antara bulan Juli sampai September 2021. Kemudian akan ada 2 juta dosis lagi di Q4 2021 sehingga totalnya dari Cansino kita akan dapat sekitar 5 juta dosis,” ujarnya.

Maka, katanya, total supply vaksin untuk vaksinasi gotong royong ialah sekitar 35 juta dosis vaksin. Mekanisme pelaksanaan vaksinasi gotong royong ialah berkerjasama dengan Kadin untuk proses registrasinya.(Din)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Antisipasi Lonjakan Covid-19 di Akhir Tahun, Puan Ingatkan Pemerintah Percepat Vaksinasi

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua DPR RI Puan Maharani (ist/net)
Baca Berita

Kesehatan

Tanggapi Pendarahan Otak Tukul Arwana, RSPON Tegaskan Tak Ada Korelasi dengan Vaksin

Diterbitkan

Pada

Penulis

Pemimpin Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono (ist/net/ant)
Baca Berita

Kesehatan

Cegah Gangguan Kesuburan, Begini Menurut Pakar

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...