Connect with us

DPR

Dewan Minta Pemerintah Siapkan PP Pelaksanaan UU ITE

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan pemerintah tidak jadi mencabut UU ITE lantaran masih diperlukan. Beberapa anggota DPR buka suara terkait keputusan tersebut.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid menilai UU ITE memang masih diperlukan. Namun dia mengungkap ada permasalahan pada penerapan UU tersebut.

“UU ITE memang masih diperlukan. Permasalahan selama ini ada dalam tata laksananya,” kata Meutya saat dihubungi, Jumat (30/4/2021).

Meutya menilai pemerintah perlu membuat peraturan pemerintah (PP) memberi kejelasan pelaksanaan UU tersebut.

“Pemerintah silakan buat PP agar ada petunjuk pelaksana yang jelas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Meutya menjelaskan yang menjadi persoalan dalam penerapan UU ITE lantaran minimmya pemahaman penegak hukum. Karena itu, menurutnya, penegak hukum harus cermat melihat UU ITE.

“Selama ini menurut hemat kami ada di minimnya pemahaman penegak hukum atas semangat UU ini. Mungkin karena ini dunia cyber begitu ya. UU ini semangatnya melindungi semua WN, jadi harus betul-betul cermat melihat kasus demi kasus yang menggunakan pasal-pasal dalam UU ITE,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi I lainnya, Farhan, menyampaikan UU ITE tetap perlu diubah. Dia beralasan UU ITE yang ada saat ini kerap menjadi kontroversi.

“Pada dasarnya kita memang membutuhkan UU ITE tapi perubahan frasa menjadi penting untuk mengantisipasi berbagai kasus yang sudah terjadi, sehingga tidak mengulang berbagai kontroversi,” ungkapnya.

Farhan mengatakan salah satu perubahan yang bisa dilakukan dengan memberi penjelasan tambahan. Revisi terbatas pada beberapa pasal dalam UU ITE tetap perlu dilakukan.

“Pemerintah juga harus melakukan revisi terbatas UU ITE berupa penambahan atau perubahan frasa dan penjelasan tambahan. Misalnya, penjelasan tentang penistaan, fitnah, dan keonaran. Menurut saya penjelasan tambahan itu, sebaiknya dituangkan dalam Pasal 45C UU ITE,” tuturnya.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Puan: Jerat Lintah Darat Online Sampai ke Bosnya!

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua DPR Puan Maharani/Net
Baca Berita

DPR

DPR Desak Kejati Aceh Usut Tuntas Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan Jembatan Kilangan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi III DPR Nazaruddin Dek Gam/Net
Baca Berita

DPR

DPR Minta Masyarakat Lombok Timur Bersabar dan Dukung Risma Bereskan DTKS

Diterbitkan

Pada

Penulis

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka/Net
Baca Berita
Loading...