Banjir Bandang Terjang NTT, Ibas Demokrat: Bantu Warga Kesulitan

Realitarakyat.com – Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono menyatakan prihatin dan berduka atas musibah banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ibas sapaan akrabnya mengaku telah menginstruksikan seluruh Fraksi Partai Demokrat di pusat dan daerah untuk membantu para korban yang terdampak dan menjadi korban musibah tersebut.

“Tentu kami prihatin dan menyampaikan duka atas bencana ini. Saya tegaskan kepada kawan-kawan di Fraksi Partai Demokrat, ayo kita langsung singsingkan lengan, bantu warga yang kesulitan,” ujarnya, Senin (5/4/2021).

Ibas mengatakan, ini memang bukan instruksi baru bagi para anggota dewan di Demokrat. Dalam setiap peristiwa, khususnya saat terjadi bencana yang membuat masyarakat sulit, para kader Demokrat selalu diminta sigap dan segera hadir meringankan beban.

“Pakem atau kebiasaan kita memang demikian. Tanggap bencana, hadir. Semampu kita, segera berikan bantuan. Lalu pantau perkembangan dan upayakan bantuan-bantuan yang diperlukan warga selanjutnya. Setelah atau bersamaan dengan itu, kita juga tetap menyampaikan soal-soal yang terkait dengan antisipasi juga upaya-upaya pemerintah mencegah. Setidaknya, tentang bagaimana mengantisipasi dampak serius dari sebuah bencana,” ujar Ibas.

Lebih lanjut putra sulung Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono itu menyatakan, agar meringankan beban para korban, pihaknya meminta para anggota FPD memberikan bantuan langsung atau aksi nyata, khususnya mereka yang berasal dari dapil NTT dan NTB.

“Selain itu, kami juga meminta teman-teman di Komisi VIII mendorong pemerintah agar segera bertindak. Dalam bencana seperti ini, tanggap darurat memiliki peran penting. Karena banyak korban yang kebutuhannya memang sangat mendesak,” tuturnya.[prs]