Connect with us

DPR

Azis Syamsuddin Minta Pemerintah Permudah UMKM

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Akumindo menyatakan, sebanyak 30 juta usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) mengalami kebangkrutan akibat pandemi Covid-19. Atas kondisi ini DPR mendorong Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) untuk melakukan pendataan kembali UMKM yang sudah benar-benar mengalami kebangkrutan.

“Jika di ambang kebangkrutan dan yang masih mengalami penurunan operasional akibat pandemi, untuk selanjutnya dilakukan pembinaan dan diberikan bantuan maupun insentif agar UMKM tersebut dapat bertahan dan berkembang kembali,” kata Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Jumat (9/4/2021).

DPR juga meminta Kemenkop UKM untuk mengevaluasi penyaluran insentif terhadap UMKM yang telah dilakukan sejak tahun 2020, guna memastikan insentif tersebut tepat sasaran dan tepat manfaat, sehingga dapat mendorong operasional UMKM.

“DPR juga berharap Pemerintah merealisasikan rencana kenaikan rasio kredit UMKM perbankan di atas 30% agar dapat membantu UMKM yang membutuhkan modal untuk kembali menggenjot operasional usahanya,” terang Azis Syamsuddin.

Diharapkan pula, Pemerintah untuk mempermudah UMKM dalam menyediakan akses permodalan dari perbankan maupun lembaga keuangan lainnya.

“Artinya perlu dilakukan kampanye, mengajak masyarakat untuk melakukan belanja dan membeli produk dalam negeri, khususnya produk UMKM,” terangnya.

Terakhir, Azis Syamsuddin meminta Pemerintah melanjutkan program bantuan kepada masyarakat berupa bantuan langsung tunai (BLT) untuk menstimulus masyarakat melakukan belanja produk UMKM.

“Tentu saja kami mendorong kementerian dan lembaga untuk melakukan belanja barang dengan mengutamakan produk UMKM, sehingga UMKM dapat terus beroperasi,” tutup Azis Syamsuddin.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Komisi VI PKB Ini Sebut PNM Mekaar Berperan Strategis Berdayakan Masyarakat

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Toha (ist/net)
Baca Berita

DPR

Waka Komisi VII: “Over Supply” Produksi Semen Perlu Perhatian Pemerintah

Diterbitkan

Pada

Penulis

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno (ist/net)
Baca Berita

DPR

PKS Senayan: E-commerce Bakal Jadi Terdepan Ketimbang Pola Perdagangan Konvensional.

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina (ist/net)
Baca Berita
Loading...