Azis Inginkan KTT ASEAN Bisa Hasilkan Solusi Konkret Perdamaian Myanmar

  • Bagikan
Azis Inginkan KTT ASEAN Bisa Hasilkan Solusi Konkret Perdamaian Myanmar
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin berharap Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN mampu menghasilkan solusi konkret dalam menciptakan kedamaian di Myanmar, yang sampai saat ini masih bergejolak.

KTT akan dipimpin Raja Brunei Darusallam Sultan Hassanal Bolkiah selaku Ketua ASEAN dan digelar di Jakarta pada Sabtu (26/4/2021).

“KTT ini harus dapat mencari solusi positif untuk memulihkan demokrasi dan menciptakan suasana damai dan kondusif di Myanmar,” kata Azis dalam keterangan persnya, Selasa (22/4/2021).

Lebih lanjut, politisi Partai Golkar ini menjelaskan bahwa KTT Asean di Jakarta akan dihadiri pemimpin negara-negara Asia Tenggara khusus untuk membahas perkembangan di Myanmar. Pemimpin junta militer Myanmar, Min Aung Hlaing dipastikan ikut menghadiri pertemuan tingkat tinggi ASEAN ini.

Diharapkan terjadi sebuah dialog antara pimpinan junta militer Myanmar dengan pemimpin negara ASEAN, sehingga negara di Asean dapat mengetahui secara jelas mengenai apa yang sebenarnya terjadi di Myanmar saat ini.

“Kehadiran Junta militer menjadi sebuah titik awal negara di Asean dapat menggali dan meminta informasi mengenai kondisi terkini di Myanmar, semoga pelaksanaan KTT ASEAN di Jakarta dapat berjalan sukses dan lancar, mengutamakan protokol kesehatan dan mewujudkan harapan seluruh dunia yaitu terciptanya perdamaian,” ujarnya.[prs]

  • Bagikan