Connect with us

DPR

Ahmad Sahroni Bela KPK Soal Pemberian Rapor Merah ICW Ke KPK

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Indonesian Corruption Watch (ICW) memberikan rapor merah atau nilai E atas kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepanjang 2020. Menurut ICW, hal ini berangkat dari persentase kinerja penindakan kasus korupsi oleh KPK yang hanya sekitar 13% dari target sebanyak 120 kasus.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni tidak sependapat dengan penilaian ICW. Menurutnya, KPK justru telah menggarap hingga 92 perkara, dari target penanganan 120 kasus, sehingga sudah mencapai 75% target.

“Saya tidak setuju dengan pernyataan ICW. Karena seperti yang sudah dijelaskan oleh Plt Jubir KPK Ali Fikri, KPK justru telah bekerja keras dalam menangani kasus di 2020, di mana dari target 120 kasus, 92 di antaranya sudah berkekuatan hukum tetap, bahkan sudah ada yang telah dieksekusi,” kata Sahroni pada wartawan, Selasa (20/4/2021).

Selain itu, politikus Nasdem ini menegaskan, ukuran kesuksesan suatu lembaga tidak hanya pada jumlah perkara yang berhasil ditangani, tapi juga hal-hal lain seperti upaya pencegahan yang meliputi pendidikan, sosialisasi, dan pengawasan hingga ke daerah-daerah.

“Di sisi lain, kita lihat menurut data BPS, Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Indonesia tahun 2020 menunjukkan angka sebesar 3,84 dengan skala 0 sampai 5. Angka ini lebih tinggi dibandingkan capaian tahun 2019 sebesar 3,70. Perlu diketahui, makin tinggi angka IPAK, maka masyarakat semakin antikorupsi. Dari sini kelihatan bahwa upaya edukasi antikorupsi oleh KPK makin menunjukkan hasil,” paparnya.

Lebih dari itu, Sahroni menegaskan, bahwa pemberantasan korupsi tidak hanya bisa dinilai dari kasat mata pengangkapan, atau operasi tangkap tangan (OTT) yang dramatis. Tapi juga dari usaha KPK mengintegrasikan pengawasan ke sistem-sistem di ranah birokrasi.
“KPK mempersempit ruang gerak orang-orang terutama birokrat untuk melakukan korupsi, hal ini nggak kelihatan, bukan berita menarik, tapi jelas sangat berguna,” pungkas Sahroni. (Din)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Puan Sebut Karang Taruna Tak Pernah ‘Mager’, Ajak Bangkitkan Semangat Generasi Muda Hadapi Pandemi

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

BKSAP Sebut Pemerintah Belum Serius Selamatkan UMKM

Diterbitkan

Pada

Penulis

Achmad Hafizs Thohir/Ist
Baca Berita

DPR

MKD Klaim Tak Akan Intervensi Penetapan Tersangka Azis Syamsuddin

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota MKD Habiburokhman/Net
Baca Berita
Loading...