Ada Apa Ya? Amerika Kirim Kapal Perang ke ZEE India Tanpa Izin

  • Bagikan
Ada Apa Ya? Amerika Kirim Kapal Perang ke ZEE India Tanpa Izin
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan pihaknya sengaja menahan diri untuk tidak meminta persetujuan India untuk patroli ‘kebebasan navigasi’ di dekat kepulauan Lakshadweep minggu ini. Hal itu dilakukan untuk menantang klaim maritim New Delhi yang bertentangan bertentangan dengan hukum internasional.

Dalam sebuah pernyataan, Armada ke-7 AS menyatakan, USS John Paul Jones menegaskan hak navigasi dan kebebasan sekitar 240 km barat Kepulauan Lakshadweep, yang berada di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) India, tanpa meminta persetujuan sebelumnya dari India. Menurutnya hal itu konsisten dengan hukum internasional.

USS John Paul Jones adalah sebuah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke.

“Misinya di Laut Arab menjunjung tinggi hak, kebebasan, dan penggunaan yang sah atas laut yang diakui dalam hukum internasional dengan menantang klaim maritim India yang berlebihan,” tambah pernyataan itu seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (10/4/2021).

Angkatan Laut AS mengatakan sangat menyadari bahwa New Delhi memerlukan persetujuan sebelumnya untuk latihan atau manuver militer di ZEE dan landas kontinennya, tetapi bersikeras bahwa klaim tersebut tidak memiliki dasar hukum.

India percaya memiliki hak untuk menuntut izin tersebut sejalan dengan Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS) yang telah ditandatangani pada tahun 1995. Namun, AS yang tidak pernah menandatangani konvensi tersebut, dan saat ini menantang apa yang dianggapnya klaim maritim yang berlebihan oleh lebih dari selusin negara.(Din)

  • Bagikan