Zulhas Tunjuk Jon Erizal Jadi Ketua Fraksi PAN MPR

  • Bagikan
Zulhas Tunjuk Jon Erizal Jadi Ketua Fraksi PAN MPR
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menunjuk Jon Erizal sebagai Ketua Fraksi PAN MPR RI periode 2019-2024, menggantikan Ali Taher Parasong yang telah meninggal dunia pada, 3 Januari 2021 lalu.

Keputusan Jon Erizal sebagai Ketua Fraksi PAN MPR RI lewat Surat Keputusan DPP PAN Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/149/X/2019 tanggal 25 November 2019 tentang Pimpinan Fraksi PAN MPR RI Periode 2019-2024.

Zulhas Tunjuk Jon Erizal Jadi Ketua Fraksi PAN MPR
Surat Edaran Penunjukan Jon Erizal Jadi Ketua Fraksi PAN MPR

Zulhas Tunjuk Jon Erizal Jadi Ketua Fraksi PAN MPR

Penetapan Jon Erizal sebagai Ketua Fraksi ini diketahui lewat Surat Keputusan yang diterima redaksi pada, Selasa (9/3/2021).

Penetapan Jon Erizal sebagai Ketua Fraksi PAN pada, Selasa 9 Maret 2021 juga ditandatangani oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Untuk diketahui, Jon Erizal adalah Anggota Komisi XI DPR. Selain itu, Jon Erizal juga dikenal sebagai Komisaris PT. Arthasia Cipta Pratama.

Jon Erizal merupakan politisi dan pengusaha, ia mulai berkarir di politik melalui Partai Amanat Nasional (PAN) dan menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Amanat Nasional.

Pria kelahiran Bengkalis pada 30 Desember 1961 ini merupakan lulusan Universitas Jayabaya untuk sarjana ekonomi dan Universitas Gajah Mada untuk Magister Manajemen.

Jon menjabat sebagai Direktur Utama dari PT.Arthindo Utama, sebuah perusahaan pengeboran minyak yang beroperasi di Prabumulih, Sumatera Selatan yang dimiliki mantan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa.

Karir politiknya diawali di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat dan pada tahun 2010 Jon dipercaya menjadi Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN menggantikan Achmad Hafisz Thohir, adik kandung dari Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa kala itu.

Di Pilkada Gubernur Riau 2013, Jon Erizal maju sebagai Calon Gubernur berpasangan dengan Mambang Mit. Namun di 2011, Komite Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut keterlibatan Bendahara Umum PAN, Jon Erizal, dan juga Achmad Hafisz Thohir, Ketua Komisi VI periode 2014-2019 dari PAN sempat terjerat kasus korupsi hibah Kereta Rel Listrik dari Jepang.

Hingga berita ini diterbitkan, redaksi mengkonfirmasi Surat Keputusan tersebut ke Jon Erizal selaku Ketua Fraksi PAN.[prs]

 

  • Bagikan