WHO Minta Semua Negara Lanjut Gunakan Vaksin AstraZeneca

  • Bagikan
izin
WHO/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta kepada semua negara untuk tetap menggunakan vaksin Covid AstraZeneca.

Hal ini disampaikan WHO merespon langkah sejumlah negara menghentikan penggunaan vaksin tersebut karena khawatir bisa menimbulkan pembekuan darah pada penerimanya.

“Kami tidak ingin orang panik. Karena itu kami merekomendasikan agar semua negara terus melakukan vaksinasi dengan AstraZeneca,” kata kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan seperti dikutip dari AFP, Selasa (16/3/2021).

Sejumlah negara seperti, Italia, Prancis dan Jerman memutuskan untuk menghentikan penggunaan vaksin corona AstraZeneca. Itu mereka lakukan setelah mereka menengarai penggunaan vaksin telah menimbulkan pembekuan darah.

Swaminathan menekankan tidak ada hubungan sebab akibat antara vaksin dan pembekuan darah.

“Sejauh ini, kami tidak menemukan hubungan antara kejadian ini dan vaksin,” katanya.

Ia mengatakan pembekuan darah di masyarakat sebenarnya umum terjadi.

Sementara itu Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan para ahli keamanan vaksin sedang melihat data AstraZeneca.

“Komite penasehat WHO untuk keamanan vaksin telah meninjau data yang tersedia, melakukan kontak dekat dengan European Medicines Agency, dan akan bertemu besok,” katanya.[prs]

  • Bagikan