Wali Kota Tanjungbalai Akan Wujudkan Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Mandiri

  • Bagikan
Wali Kota Tanjungbalai Akan Wujudkan Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Mandiri
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang produktif dalam upaya peningkatan ketahanan pangan, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai akan mempelajari pengalokasian program anggaran kelurahan untuk pembentukan Kampung Tangguh Ketahanan Pangan yang Mandiri. Hal itu disampaikan Wali Kota Tanjungbalai, H M Syahrial,SH,MH saat mengikuti acara Panen Raya Padi Perdana Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Binaan dari Polres Tanjungbalai di Jalan Cermai, Lingkungan V, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Selasa (9/3).

“Kita pahami bersama, bahwa program pemerintah pusat dan daerah dalam upaya pencegahan penyebaran wabah penyakit Covid-19, perlu dibentuk kampung tangguh dalam rangka ketahanan pangan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan pangan bagi masyarakat khususnya di Kota Tanjungbalai. Hal itu tentunya sejalan dengan tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga tingkat terbawah seperti desa dan kelurahan.

Oleh sebab itu, pembentukan Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Mandiri bertujuan untuk menghadapi kebutuhan masyarakat jika terjadi bencana, misalnya seperti pendemi Covid-19 saat ini. Kegiatan Panen Raya Padi yang dilaksanakan oleh Kampung Tangguh Ketahanan Pangan adalah bahagian dari upaya mewujudkan masyarakat produktif untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Tanjungbalai karena padi adalah merupakanan komoditi utama bagi masyarakat Indonesia”, ujar Wali Kota, H M Syahrial,SH,MH.

H M Syahrial juga berharap, kiranya pembentukan Kampung Tangguh Ketahanan Pangan di Kota Tanjungbalai dapat lebih ditingkatkan baik dari jumlah maupun dari segi kualitasnya. Dia juga berjanji, akan memperjuangan pengalokasian program anggaran kelurahan agar program pembentukan kampung tangguh kethanan pangan dapat terus ditingkatkan.

“Mudah mudahan dalam pelaksanaan panen padi perdana padi di Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Binaan Polres Tanjungbalai ini dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya masyarakat yang berada disekitarnya”, tegas Wali Kota H M Syahrial.

Seperti diketahui, Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Binaan dari Polres Tanjungbalai yang berlokasi di Jalan Cermai, Lingkungan V, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai tersebut dibentuk pada pertengahan tahun 2020 lalu dengan luas sekitar 72 Hektar (Ha). Dan pada hari ini, Selasa (9/3), Wali Kota Tanjungbalai, H M Syahrial bersama dengan Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira, unsure Forkopimda dan Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai, Ny Sri Silvisa Novita, Sekda Tanjungbalai dan pejabat lainnya telah melakukan kegiatan Panen Raya Padi Perdana.

Sebelumnya, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira juga mengatakan, bahwa Kampung Tangguh Ketahanan Pangan di Jalan Cermai, Kelurahan Sijambi tersebut adalah salah satu dari 10 Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Binaan dari Polres Tanjungbalai. Dia juga berharap, agar pembentukan kampung tangguh ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa membawa kesejahteraan untuk masyarakat sesuai dengan harapan dari Presiden RI, Joko Widodo. (ign)

 

  • Bagikan