Tidak Patuhi Prokes, Polisi Amankan Puluhan Simpatisan Habib Rizieq di PN Jaktim

  • Bagikan
Tidak Patuhi Prokes, Polisi Amankan Puluhan Simpatisan Habib Rizieq di PN Jaktim
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Puluhan simpatisan Habib Rizieq Shihab yang menghadiri sidang online di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, diamankan polisi, Jumat (19/3/2021). Mereka diamankan lantaran tidak mengindahkan imbauan aparat untuk tidak berkerumun saat sidang berlangsung.

Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, sesuai aturan yang berlaku, pihaknya mengamankan simpatisan yang sengaja datang ke persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur karena melanggar protokol kesehatan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Amanat undang-undang protokol kesehatan dan juga Peraturan Gubernur, di mana kita sudah mengimbau berkali-kali, lebih dari tiga kali. Jelang siang ada 22 oran dan sore ini ada 10 orang dimanakan, total 32,” kata Kapolrestro Jakarta Timur Erwin di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (19/3/2021).

Larangan menghadiri sidang perdana dengan terdakwa Habib Rizieq di Pengadilan Negeri Jakarta bukan tanpa sebab. Menurut dia, itu dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar sama-sama menjaga kesehatan dan keselamatan di tengah pandemi Covid-19.

“Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur menyatakan sidang ini virtual. Ini juga pembelajaran di tengah pandemi Covid-19, perlu diperhatikan keselamatan bersama, bukan hanya diri sendiri tapi juga orang lain di sekitar kita,” ujarnya.

Selain mengamankan 32 simpatisan, polisi juga mendapatkan dua simpatisan Habib Rizieq yang datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur, reaktif Covid-19. Hal itu diketahui setelah pihaknya melakukan deteksi dini melalui tes swab antigen.

“Tadi pagi kita lakukan tes swab antigen. Terbukti ada dua orang positif, kemudian dibawa ke Wisma Atlet,” katanya.(ilm)

  • Bagikan