Tahun Ini Sulbar Targetkan Ekspor Minyak Sawit 42,5 Ribu Ton

  • Bagikan
CPO, ketersediaan
Ilustrasi (Ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Provinsi Sulawesi Barat menargetkam ekspor minyak sawit sebesar 42,5 ribu ton pada 2021 dengan tujuan negara terbesar adalah negara Tiongkok.

“Pada 2021 ekspor minyak sawit meningkat sebanyak 42,5 ribu ton atau senilai Rp 535,8 miliar dengan tujuan negara ekspor terbesar menuju negara Tiongkok,” kata Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil, di Mamuju, Kamis (25/3/2021).

Pada 2020 ekspor minyak sawit Sulbar 24 ribu ton dengan nilai mencapai Rp235 miliar, kemudian meningkat pada 2021 karena tingginya permintaan luar negeri setelah pandemi COVID-19 mulai sedikit terkendali.

Menurut dia, ekpor pertanian Sulbar Sulbar sendiri meningkat 77 persen dibandingkan pada 2020, berdasarkan data sistem otomatisasi (IQFAST) Badan Karantina Pertanian Sulbar.

“Peningkatan ekspor ini merupakan hasil kerja sama antar masyarakat Sulbar dan stakeholders yang ada maupun jajaran Badan Karantina Pertanian Sulbar Dinas Perkebunan Sulbar, Dinas Perindag, Bea Cukai dan Instansi terkait,” katanya.

Peningkatan ekspor di Sulbar sejalan dengan upaya pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian untuk peningkatan ekspor pertanian melalui program gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks). (ant/ndi)

  • Bagikan