Sekjen Demokrat Kubu Moeldoko Tuding AHY Pecat 200 Ketua DPC

  • Bagikan
Sekjen Demokrat Kubu Moeldoko Tuding AHY Pecat 200 Ketua DPC
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat versi KLB Sibolangit, Jhoni Allen Marbun, menuding kepengurusan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah memecat 200 ketua dewan pimpinan cabang (DPC) karena terlibat Kongres Luar Biasa dan mendukung kepengurusan Moeldoko.

“Ini persisnya, dari semua kader, 200 itu yang ketahuan (sudah dipecat), 200 lebih. Tapi sekarang tambah lagi seperti Maluku Utara,” kata Jhoni dalam jumpa pers di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/3/2021).

Jhoni berkata para ketua DPC mendukung KLB karena tak puas dengan kepemimpinan AHY dan menginginkan perubahan, meski dengan konsekuensi pemecatan. Dia mengklaim AHY memimpin Demokrat dengan arogansi.

“Kalau semena-mena, apalagi organisasi, lawan. Apalagi hak-hak diambil. Kesetiaan bukan kepada orang, tapi kepada konstitusi,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Komunikasi Strategis Demokrat yang dipimpin AHY, Herzaky Mahendra Putra, membantah klaim tersebut. Dia menyebut Jhoni menebar kebohongan di publik.

“Sebelum KLB abal-abal, memang ada beberapa ketua DPC yang digeser dari posisinya. Tapi jumlahnya sangat kecil, sekitar 30-an. Mengapa bisa beranak jadi 200 di kubu pelaku GPK-PD (Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat)?” ucap Herzaky lewat keterangan tertulis, Kamis (11/3/2021).

Sebelumnya, sejumlah kader Demokrat menginisiasi Kongres Luar Biasa untuk mengganti kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Merespons gerakan itu, Demokrat yang dipimpin AHY memecat kader-kader yang terlibat dalam KLB. Gelombang pertama pemecatan terjadi sebelum KLB digelar. Pada Jumat (26/2), Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mengumumkan pemecatan tujuh kader.

Setelah KLB digelar, berdasarkan catatan yang dihimpun hingga saat ini, ada 19 orang Ketua DPC Partai Demokrat yang dipecat karena ikut KLB.[prs]

  • Bagikan