Sejumlah Negara Uni Eropa Mulai Lanjut Gunakan Vaksin AstraZeneca

  • Bagikan
Sejumlah Negara Uni Eropa Mulai Lanjut Gunakan Vaksin AstraZeneca
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sejumlah negara Uni Eropa memutuskan melanjutkan penggunaan vaksin AstraZeneca kepada warganya.

Dikutip dari AFP, Jumat (19/3/2021), Italia dan Jerman misalnya, memutuskan melanjutkan penggunaan vaksin AstraZeneca untuk masyarakat mereka mulai Jumat ini.

“Pemberian vaksin AstraZeneca akan dilanjutkan besok. Prioritas pemerintah tetap melakukan vaksinasi sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin,” kata Perdana Menteri Italia Mario Draghi.

Sementara itu Spanyol mengatakan akan melanjutkan penggunaan vaksin AstraZeneca Covid-19 mulai minggu depan. Itu mereka lakukan setelah regulator obat Uni Eropa menyatakan vaksin tersebut aman untuk digunakan.

Italia, Jerman dan Spanyol sebelumnya memang menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca. Itu dilakukan demi menyikapi kasus pembekuan darah yang terjadi akibat penggunaan vaksin itu.

Regulator obat Uni Eropa (EMA) pada Kamis (18/3) mengatakan vaksin AstraZeneca aman dan efektif. Mereka juga memastikan vaksin itu tidak terkait dengan peningkatan risiko pembekuan darah pada beberapa penerimanya.

Pernyataan itu mereka berikan setelah selusin negara memutuskan untuk menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca karena dinilai telah memicu pembekuan darah pada penerimanya.

“Komite telah sampai pada kesimpulan ilmiah yang jelas; vaksin AstraZeneca aman dan efektif. Manfaatnya dalam melindungi orang dari covid-19 lebih besar ketimbang risiko kematian dan rawat inap yang mungkin ditimbulkannya,” kata Kepala EMA Emer Cooke.

Cooke menambahkan untuk membuktikan keamanan itu, ia akan disuntik vaksin AstraZeneca besok.

Meski aman, namun EMA mengatakan tak tidak bisa mengesampingkan secara pasti hubungan antara gangguan pembekuan darah yang terjadi dalam penggunaan vaksin itu.

Pasalnya, itu sangat langka terjadi. Karena itulah, mereka akan memperbarui informasi produk vaksin itu.[prs]

  • Bagikan