Sarana Jaya Tetap Lanjutkan Proyek Rumah DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa dan Cilangkap

  • Bagikan
Sarana Jaya Tetap Lanjutkan Proyek Rumah DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa dan Cilangkap
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Perumda Pembangunan Sarana Jaya memastikan proyek strategis dari Pemprov DKI Jakarta, Rumah DP 0 Rupiah tetap berjalan. Plt Direktur Utama Sarana Jaya, Indra S Arharrys menegaskan, proyek di area Pondok Kelapa dan Cilangkap tidak berkaitan dengan kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di DKI Jakarta.

“Pemberitaan yang marak saat ini terkait DP 0 Rupiah kami pastikan bukan di Proyek Pondok Kelapa dan Cilangkap, kedua proyek tersebut tidak ada kaitannya dengan pemberitaan saat ini. Kami akan tetap meneruskan kegiatan pembangunan proyek di Pondok Kelapa dan Cilangkap sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” ujar Indra dalam keterangan tertulis, Kamis (11/3/2021).

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menunjuk Indra sebagai Plt Dirut PD Sarana Jaya berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 212 Tahun 2021 Tentang Penonaktifan Direktur Utama dan Pengangkatan Direktur Pengembangan sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama Perumda Sarana Jaya. Indra menggantikan Yoory C Pinontoan yang dinonaktifkan pasca diduga terlibat kasus korupsi pengadaan lahan.

Sementara, Humas PD Sarana Jaya, Yulianita Rianti mengatakan, pihaknya tetap fokus menuntaskan setiap proyek yang digarap Sarana Jaya. Menurutnya, pemberitaan yang marak saat ini tidak mengganggu kegiatan proyek yang sedang berjalan.

“Terutama untuk proyek Rumah DP 0 Rupiah. Saat ini Sarana Jaya tetap fokus dalam melakukan pemasaran Rumah DP Rupiah, Nuansa Pondok Kelapa, yang telah hadir dan siap memenuhi kebutuhan warga Jakarta akan tempat tinggal yang aman dan nyaman. Selain itu, kami juga fokus pada proyek Nuansa Cilangkap yang sedang dalam tahap pembangunan dan akan selesai sesuai dengan target,” kata Yulianita.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta melalui Sarana Jaya menyediakan hunian DP 0 Rupiah untuk masyarakat Jakarta saat ini yang terbagi di dua lokasi yaitu di Pondok kelapa dan di Cilangkap.

Di Pondok kelapa, terdapat dua proyek yaitu Menara Samawa yang merupakan Hunian DP 0 Rupiah dan Menara Apartemen Swasana. Hunian DP 0 Rupiah Menara Samawa dibangun satu tower yang memiliki 780 unit hunian dengan tipe satu kamar dan tipe dua kamar. Sedangkan Menara Apartemen Swasana saat ini masih dalam proses pembangunan.

Di Cilangkap, Menara Samawa, produk terbaru program rumah DP 0 Rupiah Nuansa Cilangkap mulai dibangun pada akhir 2019. Rencananya Menara Samawa terdiri 24 lantai dengan total 800 unit hunian yang terdiri dari tipe studio dan tipe dua kamar.

Proyek Rumah DP 0 Rupiah sebelumnya ikut terseret dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di DKI Jakarta. Kasus tersebut terkuak usai KPK menetapkan sejumlah tersangka, salah satunya Dirut PD Sarana Jaya nonaktif, Yoory Corneles Pinontoan.

KPK menduga ada lahan yang terindikasi dikorupsi di Munjul, Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Lahan itu dimaksudkan untuk bank tanah Pemprov DKI Jakarta.

Wagub DKI Ahmad Riza Patria kemudian mengungkapkan lahan yang dibeli PD Sarana Jaya itu salah satunya ditujukan untuk pembangunan rumah DP 0 rupiah atau nol persen.

“Ya kurang-lebih yang dibeli Sarana Jaya itu untuk DP 0 persen, di antaranya ya,” kata Riza saat dimintai konfirmasi, Rabu (10/3/2021).[prs]

  • Bagikan