Regulator Obat Uni Eropa Minta Penangguhan Penggunaan Vaksin AstraZeneca Dihentikan

  • Bagikan
Regulator Obat Uni Eropa Minta Penangguhan Penggunaan Vaksin AstraZeneca Dihentikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Regulator obat-obatan Uni Eropa menyatakan jika sampai sejauh ini tidak ada indikasi kuat vaksin AstraZeneca memicu pembekuan darah.

Dikutip dari AFP, Selasa (16/3/2021), mereka pun meminta semua negara untuk menghentikan keputusan mereka menangguhkan sementara distribusi vaksin tersebut agar penyebaran kasus corona bisa segera diatasi.

“Saat ini tidak ada indikasi vaksinasi menyebabkan kondisi ini (pembekuan darah),” kata kepala EMA Emer Cooke pada konferensi pers online.

Sejumlah negara seperti Italia, Jerman, Prancis, dan Belanda memutuskan untuk menghentikan sementara waktu penyuntikan vaksin AstraZeneca.

Untuk Jerman, Menteri Kesehatan negara tersebut, Jens Spahn mengatakan penghentian dilakukan sebagai langkah pencegahan. Itu dilakukan setelah ada orang yang mengalami penggumpalan darah setelah mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

Penangguhan tersebut telah menimbulkan perdebatan sengit. Perdebatan salah satunya soal apakah penghentian itu tepat dilakukan di tengah angka kematian di seluruh benua Eropa akibat virus corona sudah tembus 900 ribu.

Untuk menyelesaikan masalah itu, para ahli di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan regulator UE EMA pada Selasa ini.[prs]

  • Bagikan