Pimpinan DPR: 9 Fraksi Sepakati Susunan Pansus Otsus Papua

  • Bagikan
Pimpinan DPR: 9 Fraksi Sepakati Susunan Pansus Otsus Papua
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan sembilan fraksi telah menyepakati susunan pimpinan Panitia Khusus (Pansus) revisi UU nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

“Sebanyak 9 fraksi bulat mendukung kepemimpinan Pansus RUU Otsus Papua,” kata Azis Syamsuddin usai menghadiri rapat internal Pansus Otsus Papua di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan dalam rapat tersebut telah disepakati Ketua Pansus Otsus Papua adalah Komarudin Watubun (F-PDI Perjuangan) dengan didampingi tiga Wakil Ketua yaitu Agung Widyantoro (F-Partai Golkar), Yan Mandenas (F-Gerindra), dan Marthen Douw (F-PKB).

Azis mengatakan proses pemilihan pimpinan Pansus awalnya diwarnai perbedaan pandangan di antara fraksi-fraksi namun akhirnya disepakati nama-nama tersebut.

“Diawal rapat ada sedikit perbedaan pandangan namun ketika memasuki tahap kedua, 9 fraksi bulat mendukung kepemimpinan Pansus,” ujarnya.

Dia berharap Pansus Otsus Papua bisa segera bekerja mulai hari ini untuk menuntaskan pembahasan RUU tersebut.

Menurut dia, kinerja Pansus ditunggu masyarakat untuk memberikan sumbangsih bagi penyelesaian persoalan di Papua dan membuat strategi pertumbuhan dan pembangunan di wilayah tersebut.

“RUU sudah ada tinggal nanti fraksi-fraksi persiapkan pembahasan lalu diikuti pemerintah. Karena pemerintah sudah memberikan Surat Presiden (Surpres) yang merupakan amanat Presiden membahas RUU ini dengan parlemen,” katanya.

Rapat pemilihan unsur pimpinan Pansus Otsus Papua tersebut dipimpin Azis Syamsuddin dan dilakukan secara tertutup.[prs]

 

  • Bagikan