Pimpinan Dewan Apresiasi Lomba Karya Jurnalistik KWP yang Angkat Peran DPR di Tengah Pandemi

  • Bagikan
Pimpinan Dewan Apresiasi Lomba Karya Jurnalistik KWP yang Angkat Peran DPR di Tengah Pandemi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Periode 2020-2022 meletakkan sejarah baru dalam kerja-kerja jurnalistik di lingkungan DPR. Tahun ini, lomba Karya Jurnalistik sukses dilaksanakan.

Tema yang diangkat adalah ‘Peran DPR di Tengah Pandemi Covid-19’, puluhan tulisan bersaing mendapatkan juara satu, dua dan tiga, serta ada 7 orang nominasi.

Ketua DPR Puan Maharani mengapresiasi kerja kreatif dari pengurus KWP 2020-2022, Puan menyambut baik tema yang diangkat dalam kontestasi itu.

“Saya turut menyambut baik tema dari lomba ini yaitu peran DPR di tengah pandemi, tema ini sangat relevan dan penting diketahui banyak orang, karena begitu banyak yang telah dilakukan DPR untuk mendorong dan mengawasi berbagai langkah indonesia untuk menangani pandemi COVID-19 dan dampaknya,” kata Puan dalam sambutannya secara virtual, Rabu (24/3/2021).

Dijelaskan Puan, banyak peran DPR di masa pandemi Covid-19 termasuk membuat sejumlah peraturan yang memberi ruang fiskal yang lebar bagi pemerintah agar leluasa dalam penanganan Covid-19 dan dampaknya.

“Mudah mudahan lewat tulisan-tulisan yang masuk lewat lomba karya jurnalistik ini peran DPR di masa pandemi makin dikenal masyarakat luas. Saya berharap koordinatoriat DPR terus menjadi mitra DPR dalam menyebarkan informasi-informasi tentang kinerja DPR dan semoga kemitraan ini menjadi semakin baik di masa yang akan datang,” tutur Puan.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang ikut memberikan hadiah mendukung penuh acara-acara kreatif dari insan pers di lingkungan Parlemen.

Dasco mengucapkan selamat kepada para pemenang. Ia juga mendukung acara Lomba Karya Jurnalistik dilakukan secara berkesinambungan dari tahun ke tahun.

“Ini bukan lomba main-main, saya apresiasi Koordinatoriat Wartawan Parlemen, sampai ketemu di lomba Karya Jurnalistik berikutnya,” ujar Dasco.

Terpisah, Ketua KWP 2020-2022 Marlen Sitompul menegaskan, jurnalis selalu bekerja dalam senyap, ia berharap lomba tahun ini menjadi pelecut semangat para jurnalis untuk terus memberikan pencerahan publik.

“Kami tak menyangka antusiasme tinggi para pewarta di parlemen terkait lomba karya Jurnalistik yang mengangkat peran DPR di tengah pandemi ini. Virus corona memang membuat aktifitas dan ruang gerak jurnalis terbatas, namun kata-kata lewat pena tak akan pernah mati,” tegas Marlen.

Dalam lomba kali ini, juara 1 jatuh kepada jurnalis beritabuana.co Andus Simbolon, juara 2 jurnalis Law-Justice.co Muhammad Rio Alfin dan juara 3 jurnalis Republika Nawir Arsyad Akbar. Sementara dewan Juri antara lain, Ketua PWI Pusat Atal S. Depari, Anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat Asro Kamal Rokan serta Akademisi IISIP Norman Moeko.[prs]

  • Bagikan