Connect with us

Luar Negeri

Mahasiswa Asal Indonesia di Taiwan Terbanyak Ketiga

Diterbitkan

Pada

Mahasiswa Asal Indonesia di Taiwan Terbanyak Ketiga

Realitarakyat.com – Pandemi Covid-19 tak melaksanakan pameran pendidikan Taiwan Higher Education Fair (THEF) yang digelar secara berani, Sabtu (27/3/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya bijaksana untuk berbagai perguruan tinggi, baik negeri dan swasta di Taiwan kepada para pelajar Indonesia.

Direktur Jenderal Departemen Internasional dan Lintas Selat Kementerian Pendidikan Taiwan, Nicole Lee mengatakan pada tahun akademik 2020, Indonesia menjadi negara ketiga terbanyak sebagai penyumbang mahasiswa internasional di Taiwan yang mencapai 14.000 orang.

“Dimana hampir 70 persen di antaranya merupakan pelajar yang mengambil program bergelar S1, S2, maupun S3,” kata Nicole dalam acara THEF secara berani, Sabtu (27/3/2021).

Kegiatan ini, lanjut Nicole, merupakan kesempatan baik bagi pelajar Indonesia untuk mendapatkan informasi lengkap secara langsung dari setiap perwakilan universitas yang termasuk dalam kegiatan pameran berani ini.

Tak hanya itu, menurut Nicole, Kementerian Pendidikan Taiwan juga menyediakan program Beasiswa ELITE, yakni mempersembahkan subsidi bagi lebih dari 100 dosen asal Indonesia dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk melanjutkan studi S2 atau S3 di Taiwan.

“Pemerintah Taiwan berharap kedepan akan lebih banyak lagi pelajar-pelajar Indonesia maupun dosen dari Indonesia yang melanjutkan studinya ke Taiwan,” ujar Nicole.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar John C. Chen, Representatif dari Taipei Economic and Trade Office (TETO) Indonesia mengungkapkan saat ini pemerintah Taiwan terus berusaha mencegah penyebarannya penyebaran Covid-19, sehingga para pelajar di Taiwan dapat melakukan perkuliahan tatap muka secara normal dan tanpa jaminan tahun ini.

“Banyak pelajar Taiwan yang sedang melanjutkan studinya di luar negeri seperti di kampus yang terkenal sebagai Ivy League di Amerika Serikat bahkan rela meninggalkan kampusnya untuk kembali ke Taiwan dan melanjutkan studinya di Taiwan karena adanya kebebasan dan rasa aman bagi semuanya, serta jaminan pendidikan bermutu tinggi dengan biaya yang terjangkau, “kata John.

Di Indonesia sendiri, secara resmi terdapat tiga kantor Taiwan Education Center (TEC) Indonesia, sebagai pusat informasi pendidikan dan perguruan tinggi di Taiwan, yakni di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Airlangga dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rektor dari ketiga universitas tersebut berharap pertukaran akademik antara kedua negara dapat terus terjalin erat pandemi masih berlangsung dan bersama-sama meningkatkan internasionaliasi pelajar dan sistem akademik.

Adapun penyelenggaraan Taiwan Higher Education Fair (THEF) merupakan kali ketiga yang dilaksanakan secara daring di masa pandemi Covid-19 ini.

Para perwakilan dari 43 perguruan tinggi terbaik di Taiwan berkumpul bersama di Hotel Evergreen, Kota Taichung, Taiwan, dan pameran yang dibuka dengan tarian tradisional yang dipentaskan oleh tiga pelajar asal Indonesia.

Setiap perwakilan universitas di Taiwan yang menghitung dalam pameran yang berani ini diberikan waktu presentasi untuk mengenalkan kampusnya masing-masing.

Para perwakilan kampus di Taiwan ini juga menyediakan layanan konsultasi secara berani bagi para pelajar Indonesia yang mengikuti acara ini melalui aplikasi khusus.

Sebagai upaya untuk menarik antusiasme peserta dalam mengikuti acara THEF Online ini, panitia mengadakan kuis dengan beragam hadiah menarik, mulai dari beasiswa yang disediakan oleh beberapa universitas untuk program S1, S2, dan S3, hingga hadiah menarik lainnya.

Pameran pendidikan yang berani ini telah menarik lebih dari 10.000 peserta dan diharapkan peserta yang berani melebihi 25.000 kali.(Din)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Luar Negeri

Senin Besok, NASA Akan Kembali Terbangkan Helikopter Mini di Mars

Diterbitkan

Pada

Senin Besok, NASA Akan Kembali Terbangkan Helikopter Mini di Mars
Baca Berita

Luar Negeri

Qatar Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Diterbitkan

Pada

Penulis

Qatar Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Luar Negeri

Pimpinan Junta Myanmar akan Hadiri KTT ASEAN di Indonesia

Diterbitkan

Pada

Penulis

Pimpinan Junta Myanmar akan Hadiri KTT ASEAN di Indonesia
Pimpinan junta Myanmar, Min Aung Hlaing (ist/net)
Baca Berita
Loading...