Kelola Transaksi Keuangan Non Tunai, Pemkab Asahan Terapkan CMS

  • Bagikan
Kelola Transaksi Keuangan Non Tunai, Pemkab Asahan Terapkan CMS
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – PT. Bank Sumut Kantor Cabang Kisaran melaksanakan sosialisasi

penerapan Cash Management System (CMS) bagi para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

Peluncuran aplikasi CMS bagi Pemerintah Daerah dimaksudkan untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan perbankan khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah yang mandiri dan berbasis non tunai.

“Dengan penggunaan aplikasi CMS ini akan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan kami sangat berterima kasih kepada Pemekab Asahan karena tetap memberikan kepercayaan kepada Bank Sumut dalam pengelolaan dan transaksi keuangan daerah,” kata Sabar Ginting, Tim Divisi Dana dan Jasa Kantor Pusat Bank Sumut, Selasa (9/10/2021).

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, John Hardi Nasution dalam kegiatan yang digelar di aula Melati Kantor Bupati Asahan itu mengatakan, dalam penerapan transaksi non tunai dilngkungan Pemerintah baik di Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota di seluruh Provinsi Sumatera Utara, sesuai dengan SE Menteri Dalam Negeri No. 910/1886/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

“Guna perwujudan birokrasi Pemerintah Daerah yang akuntabel, efektif, efisien dan transfaran serta dalam upaya meningkatkan Pelayanan Publik Terpadu berbasis Elektronik, dengan ini bersama BANK Sumut kita adakan sosialisasi CMS OPD Online, dimana dengan sistem ini memberikan kemudahan bagi setiap OPD dalam pengolahan keuangan yang mandiri dan berbasis non tunai tentunya dengan aplikasi CMS OPD tersebut,” beber John Hardi.

Dia juga menjelaskan, hal tersebut juga sesuai dengan High Level Meeting yang diadakan beberapa minggu lalu antara Pemkab Asahan dengan BANK Indonesia serta BANK Sumut guna mewujudkan digitalisasi dilingkungan Pemkab Asahan.

“Kepada Bendahara OPD dan Kecamatan, dengan adanya aplikasi ini nantinya para bendahara pengeluaran tidak perlu lagi bolak balik ke BANK untuk melakukan pemindah bukuan atas transaksi belanja, karena dapat langsung dilakukan melalui perangkat digital,” pungkas John.(doly)

  • Bagikan