Israel Serang Kapal Minyak Iran yang Belayar ke Suriah

  • Bagikan
Israel Serang Kapal Minyak Iran yang Belayar ke Suriah
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Israel dilaporkan menyerang sejumlah kapal Iran yang berlayar menuju Suriah. Kapal-kapal tersebut mengangkut minyak, ranjau, dan senjata lainnya.

Wall Street Journal melaporkan, pejabat Amerika Serikat mengatakan rentetan serangan itu dimulai pada akhir 2019. Ada setidaknya 12 kapal Iran, dan kapal lain dengan kargo Iran yang menjadi target.

Laporan itu menyebut beberapa serangan Israel di Laut Merah dan wilayah lain, menargetkan pengiriman senjata yang terkait dengan Iran. Serangan itu memang tidak membuat kapal tenggelam, tetapi memaksa mereka kembali ke pelabuhan di Iran.

Israel berupaya menghentikan perdagangan minyak karena menduga keuntungannya dipakai untuk mendanai kelompok ekstremis. Iran telah melanjutkan perdagangan minyaknya ke Suriah dalam beberapa tahun terakhir, melanggar sanksi AS dan internasional.

Dikutip dari Times of Israel, Israel menolak berkomentar kepada The Wall Street Journal tentang laporan tersebut.

Serangan itu juga menandai front baru dalam perang bayangan antara Israel dan Iran. Israel menuduh Iran berada di balik ledakan di kapal milik mereka di Teluk Persia bulan lalu. Iran membantah tuduhan tersebut.

Sejumlah sumber menyebut ledakan di MV Helios Ray, sebuah kapal pengangkut kendaraan, disebabkan oleh ranjau limpet.

Ledakan itu mengakibatkan lambung di sisi kiri dan kanan kapal MV Helios Ray berlubang. Namun, lubang itu berada di atas garis batas air. Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam kejadian itu.

Pada 2019 lalu militer AS juga menyalahkan Iran atas ledakan pada dua kapal tanker minyak di dekat Selat Hormuz, salah satu jalur pelayaran paling strategis di dunia.

Militer Israel telah melancarkan ratusan serangan udara ke Suriah sejak perang saudara pecah pada 2011 dengan target utama pasukan pemerintah dan Iran, juga kelompok Hizbullah.

Israel berupaya keras mencegah militer Iran bercokol di Suriah. Israel mengatakan kehadiran Iran dalam mendukung rezim Assad di Suriah adalah ancaman bagi negara Yahudi.[prs]

 

  • Bagikan