Ini Kata Megawati Soal Masa Jabatan Presiden 3 Periode

  • Bagikan
Ini Kata Megawati Soal Masa Jabatan Presiden 3 Periode
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menilai, tuduhan akan mengamendemen UUD 1945 demi mengubah masa jabatan kepresiden dari dua periode menjadi tiga periode, tidak mendasar.

“Ada yang bilang (presiden) berkeinginan tiga periode. Yang omong itu yang kepengin sebetulnya. Siapa tahu suatu saat dia bisa tiga periode,” kata Megawati saat meluncurkan buku Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam, yang dipusatkan di Kantor DPP DIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Megawati menganggap, tudingan tersebut tidak mendasar karena menurutnya konstitusi dan undang-undang sudah membuat aturan main yang jelas. Dia menegaskan presiden yang sedang menjabat tak bisa begitu saja mengubah isi UUD 1945.

“Memang presiden bisa mengubah keputusan secara konstitusi? Kan tidak,” kata Megawati.

Sebelumnya Jokowi telah menjawab tudingan Amien Rais tersebut. Dia menegaskan tidak memiliki niat untuk menjadi presiden tiga periode.

“Saya tegaskan saya tidak ada niat, tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode,” katanya Senin (15/3/2021).(Din)

 

  • Bagikan