Ingin Cari Pekerjaan Ke Riau, 2 WNA Timor Leste Diamankan karena Masuk Indonesia secara Ilegal

  • Bagikan
Ingin Cari Pekerjaan Ke Riau, 2 WNA Timor Leste Diamankan karena Masuk Indonesia secara Ilegal
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Dua warga negara asing (WNA) Timor Leste diamankan tim gabungan di Desa Tuah Pelang, Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau.

Keduanya masuk ke Indonesia secara ilegal atau tanpa dokumen yang sah. Kedua WNA yang yang diamankan berinisial RS (29) dan AS (18).

Mereka diamankan tim gabungan dari pihak Imigrasi Tembilahan, Kabupaten Inhil, TNI, Polri dan petugas dari pemkab setempat.

“Mereka masuk ke Indonesia tanpa dokumen,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Riau, Muhammad Tito Ardianto Jumat (26/3/2021).

Dia menjelaskan, dari keterangan kedua WNA Timor Lester, keduanya masuk ke Indonesia dengan bantuan keluarganya untuk mencari pekerjaan.

Sebelum masuk ke Riau, mereka berlayar lewat jalur tikus di Atambua, NTT.

“Alasan keduanya masuk ke Indonesia mau cari rezeki. Mereka masuk ke Riau melalui pelabuhan tikus,” ujarnya.

Para Pekerja Dievakuasi Pihak Imigrasi yang mendapat laporan dan mengamankan kedua WNA itu telah berkoordinasi dengan pihak Kedutaan Timor Leste.

Penanganan kedua WNA itu juga tidak sulit karena keduanya pun fasih berbahasa Indonesia.

“Kami koordinasi agar dokumen mereka keluar dan selanjutnya segera kami deportasi. Mereka pandai bahasa Indonesia karena kan dulu kita sama satu negara,” ujarnya.(MT)

 

  • Bagikan