Connect with us

Olahraga

Dikontrak Petronas Yamaha SRT Hanya Satu Tahun, Akankah Rossi Pensiun di 2022?

Diterbitkan

Pada

Dikontrak Petronas Yamaha SRT Hanya Satu Tahun, Akankah Rossi Pensiun di 2022?
Valentino Rossi (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Petronas Yamaha SRT hanya mengontrak Valentino Rossi selama satu tahun saja. Hal ini tentu saja memunculkan pertanyaan dari penggemarnya. Bisa jadi, durasi satu tahun kontrak tersebut, Petronas Yamaha SRT mempertimbangkan usia Rossi yang kini sudah meninjak 42 tahun. Atau sebaliknya Rossi sendiri yang berniat ingin pensiun di 2022.

Hingga saat ini, masih belum ada kejelasan mengenai pertanyaan itu. Apakah Valentino Rossi akan pensiun pada akhir MotoGP 2021 atau memilih melanjutkan karier pada 2022.

Valentino Rossi sejak awal MotoGP 2020 terus menerus diserang pertanyaan mengenai masa depannya. Saat itu dalam situasi terjepit setelah Monster Energy Yamaha memutuskan mengontrak Fabio Quartararo untuk mengarungi MotoGP 2021 dan 2022.

Fabio Quartararo yang kala itu masih membela Petronas Yamaha SRT ditunjuk Monster Energy Yamaha untuk menggantikan Valentino Rossi dan mendampingi Maverick Vinales.

Setelah didepak Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi sering diberitakan akan pensiun pada akhir MotoGP 2020.

Sebab, pebalap dengan julukan The Doctor itu masih belum menemukan tim baru bahkan sampai MotoGP 2020 sudah berjalan setengah musim.

Teka-teki masa depan Valentino Rossi saat itu akhirnya terjawab pada akhir September 2020.

Valentino Rossi memutuskan menerima pinangan Petronas Yamaha SRT yang kala itu sedang mencari pengganti Fabio Quartararo.

Menurut Direktur tim Petronas Yamaha SRT, Johan Stigefelt, terdapat klausul perpanjangan satu tahun untuk musim 2022 dalam kontrak Rossi.

Namun, klausul itu tidak langsung aktif meskipun Valentino Rossi tampil baik sepanjang Kejuraan Dunia MotoGP 2021.

Menurut Johan Stigefelt, klausul perpanjangan kontrak satu tahun itu hanya bisa aktif jika Rossi dan Petronas Yamaha SRT sepakat melanjutkan kerja sama.

Kesepakatan itu nantinya akan sangat bergantung kepada performa Rossi pada MotoGP 2021.

“Klausul penilaian performa ada dalam kesepakatan Yamaha dan Rossi. Namun, tentu saja Petronas Yamaha SRT juga telah membahas itu,” kata Stigefelt dikutip dari situs Crash.

“Pada akhirnya, semuanya akan tergantung kepada hasil MotoGP 2020 dan kenyamanan Valentino Rossi ketika bekerja sama dengan kami,” ujar Stigefelt.

“Kesepakatan perpanjangan kontrak itu berjalan dua arah antara kami dan Rossi. Sama seperti Yamaha, kami memiliki pemahaman yang sama untuk mengevaluasi dan melihat bagaimana performa Rossi,” ucap Stigefelt menambahkan.

“Semua sekarang tergantung Rossi. Jika dia bahagia bekerja bersama kami dan berhasil menempati lima besar klasemen, mungkin dia akan melanjutkan kariernya,” ujar Stigefelt.

“Jika Valentino Rossi ingin melanjutkan kariernya, kami ada di sini dan kami sangat terbuka,” tutur Stigefelt menambahkan.

“Namun, perpanjangan kontrak itu pasti harus kami evaluasi lebih jauh lagi. Masih terlalu dini membicarakan itu sekarang,” ujar Stigefelt.

“Mungkin kami harus melihat bagaimana performa Rossi setelah setengah musim. Mudah-mudahan kami dan Rossi bisa bekerja sama dengan baik, bersenang-senang, dan menantang posisi teratas,” tutur Stigefelt menambahkan.

Hal senada juga dikatakan Manajer Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali.

Razlan Razali menyebut Valentino Rossi kemungkinan besar akan menentukan masa depannya setelah menyelesaikan enam sampai tujuh balapan musim 2021.

Di sisi lain, Valentino Rossi ketika diperkenalkan Petronas Yamaha SRT masih memiliki target spesifik terkait MotoGP 2021.

Rossi mengaku hanya ingin berusaha keras untuk cepat beradaptasi dan berharap bisa naik poodium juara MotoGP bersama Petronas Yamaha SRT.

Terdekat, Valentino Rossi dan seluruh pebalap akan mengikuti dua tes pramusim MotoGP 2021 yang akan dihelat di Sirkuit Losail Qatar pada 6-7 Maret dan 10-12 Maret mendatang.

Adapun seri pertama MotoGP 2021 juga akan berlangsung di Sirkuit Losail pada 28 Maret 2021. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

Depak Tuan Rumah, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Lolos ke Semifinal

Diterbitkan

Pada

Penulis

Depak Tuan Rumah, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Lolos ke Semifinal
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Lolos ke Semifinal (ist/net)
Baca Berita

Olahraga

Dikalahkan Ratchanok Intanon, Gregoria Mariska Akui Tertekan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Dikalahkan Ratchanok Intanon, Gregoria Mariska Akui Tertekan
Gregoria Mariska Tunjung (ist/net)
Baca Berita

Olahraga

Kalah Telak dari Wakil Australia, Diananda-Bagas Terhenti di Babak Pertama

Diterbitkan

Pada

Penulis

Kalah Telak dari Wakil Australia, Diananda-Bagas Terhenti di Babak Pertama
ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...