Bupati Lombok Tengah Resmikan E-Tourism Go Mandalika NTB

  • Bagikan
Bupati Lombok Tengah Resmikan E-Tourism Go Mandalika NTB
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Daerah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (15/3/2021), secara resmi meluncurkan program E-Tourism Go Mandalika, di Ballroom Kantor Bupati setempat.

Kegiatan yang dikemas dengan sistem daring melalui layanan zoom meeting dan luring ini, dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga S. Uno, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah Lalu Idham Halid, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Lalu Faozal, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi, praktisi pariwisata nasional Taufan Rahmadi, dan sejumlah insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok Tengah.

Program go Mandalika, adalah sebuah media informasi pariwisata khusus Kabupaten Lombok Tengah yang merupakan ikhtiar dari Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk mempromosikan dan membangkitkan kembali pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah.

Di Go Mandalika, selain terdapat informasi destinasi wisata yang ada di Lombok Tengah, juga menyajikan informasi tentang perkembangan persiapan penyelenggaraan event internasional MotoGP Mandalika 2021. Hal ini agar gaung event ini terus terdengar di masyarakat dan calon wisatawan.

Selain itu, Go Mandalika juga menjadi media bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menyajikan informasi bisnisnya masing-masing, dan mengambil peluang mendapatkan pasar yang luas, melalui layanan Direktori Bisnis, yang beralamat di https://direktori.gomandalika.com

Go Mandalika menyajikan konten-konten berupa foto, video, dan informasi, yang bersifat open license, sehingga pengunjung dapat mengambil konten-konten tersebut dan menggunakannya untuk berbagai tujuan.

Hal ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah kepada masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, menyediakan konten promosi pariwisata daerah.

Go Mandalika juga menyajikan layanan kontribusi, di mana pengunjung dapat ikut memberikan sumbangsih produksi konten dan informasi, yang dapat diolah menjadi bahan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Lombok Tengah.

Sementara itu Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Go Mandalika ini masuk dalam program 100 hari pertama Pathul-Nursiah, dan berharap menjadi media kolaborasi antar insan pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah. “Sangat menarik sebagai bahan promosi wisata di Kabupaten Lombok Tengah,” katanya.

Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa Go Mandalika akan menjadi platform yang lebih mudah dipahami untuk penyempurnaan adaptasi strategi pengembangan pariwisata.

“Hari ini kita memiliki Go Mandalika.com, dan ini adalah pengalaman dari perjalanan berwisata bagi perilaku wisata yang akan lebih dipahami untuk menyempurnakan adaptasi strategi pengembangan pariwisata di Lombok Tengah dan Mandalika ke depan masa mendatang,” tandasnya.

Di kesempatan terpisah, pemerhati pariwisata Nasional Taufan Rahmadi, mengaku Go Mandalika merupakan terobosan yang patut diapresiasi sebagai bentuk keseriusan Pemkab Lombok Tengah dalam mempersiapkan Mandalika dan Lombok Tengah sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

Taufan Rahmadi juga menyampaikan bahwa program E-Tourism Go Mandalika ini selaras dengan kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang menekankan kemampuan adaptasi terhadap kondisi dan situasi, serta adaptasi terhadap penggunaan teknologi digitals.

Platform Go Mandalika dapat diakses melalui alamat https://gomandalika.com” sebutnya. (LS)

  • Bagikan